Dari Harimau Mata Satu, Nini Pelet hingga Batu Lingga, 3 Cerita Mistis Gunung Ciremai yang Melegenda

Dari Harimau Mata Satu, Nini Pelet hingga Batu Lingga, 3 Cerita Mistis Gunung Ciremai yang Melegenda

Gunung Ciremai memiliki beberapa cerita mistis, mulai Batu Lingga, Nini Pelet hingga harimau mata satu.-BTNGC-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Hampir setiap gunung memiliki banyak cerita mistis. Termasuk di antaranya Gunung Ciremai. Ada 3 cerita melegenda di gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut.

Ke-3 cerita mistis yang sudah banyak diketahui banyak orang ini adalah tentang harimau bermata satu, Nini Pelet dan Batu Lingga.

Cerita yang sudah menjadi legenda, sangat diyakini dan dikisahkan turun-temurun oleh sebagian masyarakat setempat.

Yang membikin sebagian masyarakat percaya, lokasi dan latar belakang cerita-cerita mistis ini, ada di kawasan yang sekarang masuk ke Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

BACA JUGA:Sudah 7 Individu Terpotret Kamera, Macan Tutul Jawa Gunung Ciremai Makin Eksis

Apalagi cerita dan mitos di gunung yang terletak di Kabupaten Kuningan dan Majalengka ini, dulu pernah menjadi cerita berseri di stasiun radio di seluruh Indonesia. Bahkan juga ditayangkan di dalam film televisi dan layar lebar.

Belakangan cerita-cerita ini kembali viral. Cerita-cerita di radio, televisi dan layar lebar ini didaur ulang. Anak-anak melenial pun sebagian tahu dengan cerita dan mitos berlatar belakang Gunung Ciremai ini.

Seperti apa ke-3 cerita mistis Gunung Ciremai yang heboh itu? Inilah cuplikan singkatnya:

1. Harimau Mata Satu

Salah satu cerita dan mistos yang diyakini warga kaki Gunung Ciremai adalah keberadaan Harimau Mata Satu. Keberadaan raja hutan ini memang sempat meresahkan, walau faktanya sulit dibuktikan.

BACA JUGA:Kucing Besar dari Pulau Jawa Terancam Punah, Justru di Gunung Ciremai Ada Indikasi Penambahan 3 Ekor

Harimau itu, konon merupakan tunggangan dan sekutu dari Nini Pelet, sosok misterius dalam kepercayaan setempat. 

Menurut cerita, harimau bermata satu ini tinggal di antara rimbun ranting kering yang menyerupai goa di gunung tersebut. Hal ini menciptakan citra misterius dan menakutkan. 

Mitos tentang harimau bermata satu di Gunung Ciremai menambahkan dimensi magis pada reputasinya sebagai gunung yang sarat dengan cerita mistis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: