5 Pupuk Alami yang Baik Untuk Kesuburan Janda Bolong, Bisa Buat Sendiri dengan Limbah Dapur!

5 Pupuk Alami yang Baik Untuk Kesuburan Janda Bolong, Bisa Buat Sendiri dengan Limbah Dapur!

Aneka Bahan Alami Untuk Membuat Pupuk Alami yang Menyuburkan Tanaman Janda Bolong-Fakultas Pertanian UMA-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Tanaman janda bolong atau Monstera adansonii merupaka salah satu jenis tanaman hias yang memiliki keunikan berupa daun yang berlubang dan warnanya memikat.

Tanaman janda bolong terbilang mudah dalam cara perawatannya, tanaman hias ini hanya perlu sinar matahari yang cukup, kelembapannya terjaga, penyiraman yang rutin, dan pemupukan.

Dalam pemupukan janda bolong, kamu bisa menggunakan pupuk alami agar tanaman hias tersebut bisa tumbuh subur. pupuk alami ini bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah, bahkan tersedia di rumah seperti limbah dapur.

Pupuk alami ini digunakan sebagai alternatif pupuk kimia sintesis agar lebih ramah lingkungan. Pupuk alami bukan hanya bermanfaat bisa menyuburkan tanaman hias janda bolong dan memberikan nutrisi, tetapi juga memberi suplai makanan untuk organisme dan mikroba yang hidup di tanah. 

Berikut ini beberapa pupuk alami untuk tanaman hias janda bolong yang baik untuk kesuburan tanaman, diantaranya sebagai berikut:

BACA JUGA:Buat Subur dan Segar, Ini Dia Pupuk Alami Tanaman Janda Bolong Ternyata Bisa Buat Sendiri di Rumah!

1. Pupuk Kandang

Pupuk alami yang direkomendasikan untuk tanaman janda bolong adalah pupuk kandang. Pupuk kandang ini berasal dari kotoran sapi, kambing, atau ayam.

Pupuk kandang, kaya akan kandungan fosfor, nitrogen, kalium, magnesium, belerang, kalsium, besi, natrium, molybdenum, dan tembaga. 

Pengunaan pupuk ini sebaiknya tidak diberikan langsung pada tanah. Diamkan terlebih dulu agar tanaman tidak mati.

2. Pupuk Kompos

Pupuk kompos terbuat dari sampah organic berupa tumbuhan dan buah-buahan. Sampah diuraikan mealui mikroorganisme dan cacing.

BACA JUGA:Cara Memotong Tanaman Janda Bolong Agar Tumbuh Subur dan Lebat, Cocok Untuk Pemula

Pupuk ini sangat baik untuk mengembalikan unsure hara yang hilang pada tanam, memperbaiki drainase, dan meningkatkan sirkulasi air serta udara yang penting bagi tumbuhnya tanaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: