Hewan Gak Masuk Surga, Apakah Kucing Bisa Masuk Surga Dalam Islam? Inilah Penjelasannya

Hewan Gak Masuk Surga, Apakah Kucing Bisa Masuk Surga Dalam Islam? Inilah Penjelasannya

Hewan Gak Masuk Surga, Apakah Kucing Bisa Masuk Surga Dalam Islam? Inilah Penjelasannya-freepik-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Kucing adalah hewan kesayangan nabi, namun Kucing juga tidak akan masuk Surga. Lalu, apakah kucning bisa masuk Surga dalam Islam?

Dalam beberapa penjelasan dapat disimpulan bahwa meskipun dikenal sebagai hewan kesayangan nabi Muhammad dan termasuk hewan yang suci, tapi kucing tidak akan masuk surga saat meninggal nanti.

Hal ini dikarenakan konsep Surga dalam Islam berbeda, yang mana surga adalah tempat yang hanya diberikan kepada para umat Islam yang beriman dan memiliki amalan baik yang lebih banyak dibandingkan dosanya.

Lalu, apakah kucing bis masuk surga? Secara umum, orang Islam dianjurkan untuk menyayangi dan menjaga makhluk ciptaan Allah SWT. Ini termasuk menyayangi kucing, sebagaimana disebutkan dalam hadis Nabi:

BACA JUGA:Daftar 4 Tanaman yang Tidak Beracun Untuk Kucing, Cocok Untuk Para Pecinta Kucing dan Tanaman Hias

“Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Dan barnangsiapa yang memelihara dan menyayangi anabul satu ini, ada bebera[a keutamaan dan manfaat, seperti mendapatkan pahala, terhitung sebagai sedekah, diampuni dosanya, diberikan kebaikan hingga kiamat, dan banyak lagi.

Apakah Kucing Bisa Masuk Surga

Dalam hadits riwayat Abu Hurairah berikut, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Sesungguhnya Allah akan mengumpulkan seluruh makhluk, semua binatang melata, burung, dan manusia. Allah berkata kepada binatang dan burung, 'Jadilah kalian tanah!' Saat itulah orang kafir berkata, 'Oh, andai saja aku menjadi tanah (QS An Naba ayat 40),'" (HR Ibnu Jarir).

BACA JUGA:Gak Bikin Anabul Kecanduan, Inilah 7 Manfaat Tanaman Catnip untuk Kucing Peliharaan

Hadits di atas menunjukkan perbedaan antara manusia dan hewan, termasuk kucing, menurut ulama fiqih Syekh Muhammad bin Shalik al-'Utsaimin. 

Hewan tidak memiliki perbuatan baik atau buruk yang dihitung dan dihukum. Artinya, manusia yang beriman tidak akan masuk surga seperti kucing.

Tetapi itu tidak berarti bahwa hewan peliharaan dan pemilik mereka tidak akan bertemu di surga kelak. 

Dengan izin Allah SWT, orang-orang yang masuk ke surga akan menerima banyak kenikmatan, salah satunya adalah keinginan untuk mempertemukan kembali kucing kesayangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: