Hari Lahir Persib Bandung Berubah jadi 5 Januari 1919, Didasari Berita Koran Lokal 'Kaoem Moeda'

Hari Lahir Persib Bandung Berubah jadi 5 Januari 1919, Didasari Berita Koran Lokal 'Kaoem Moeda'

Penyerahan naskah akademik hari lahir Persib Bandung.-Unpad-radarkuningan.com

BACA JUGA:Persib Bandung Terbang dari Bandara Kertajati Bulan Desember, Ini Calon Lawan yang akan Didatangi

Dalam koran itu diberitakan tentang pembentukan Bandoengsch Inlandsch Voetbal Bond atau Perserikatan Sepakbola Bumiputra Bandung.

"Ada koran 7 Januari 1919, itu diberitakan terjadi pembentukan Bandoengsch Inlandsch Voetbal Bond sudah dirayakan kemarin. Nah kita diskusi ini tanggal berapa, kami cari pendukung yang kuat," ujarnya.

Sebelumnya, jelas dia ada koran tanggal 30 Desember 1918. Di koran itu disebutkan bahwa akan diadakan pembentukan Bandoengsch Inlandsch Voetbal Bond tanggal 5 Januari 1919 dengan pertandingan-pertandingan.

Dari data tersebut, Prof Kunto meyakini jika pada 5 Januari 1919 adalah hari lahirnya klub Persib Bandung. "Kami laporkan hari jadi Persib tanggal 5 Januari 1919. Alhamdulillah," ucap Prof Kunto.

BACA JUGA:Lahir dan Besar di Surabaya, Rachmat Irianto Ternyata Keturunan Kuningan, Pantas Pilih Persib Bandung

Seperti diketahui, manajemen Persib menggandeng sejumlah akademisi hingga sejarawan dari Universitas Padjajaran (Unpad). Tim tersebut bertugas mencari tahun kapan sebenarnya klub ini dilahirkan. 

CEO PT Persib Bandung Bermartabat Glenn Sugita mengungkapkan, penelitian hari jadi Persib dilakukan atas dasar keraguan mengenai hari jadi Persib yang selama ini identik pada 14 Maret 1933.

"Kita bertanya-tanya di beberapa tahun terakhir soal keraguan tanggal lahir Persib, ini mungkin gayung bersambut. Hasil penelitian ini saya yakin dilakukan dengan metode yang benar dan tepat, dan apa yang dihasilkan adalah data yang benar," ujarnya.

Glenn juga meyakini jika Persib seharusnya sudah ada sebelum PSSI berdiri pada 1930.

BACA JUGA:Bobotoh Cantik Asal Kuningan Ini Diminta Lepas Atribut Persib, Ketika akan Masuk ke Stadion Gelora Bangkalan

“Bahwa yang disebutkan Prof Kunto ada tujuh klub pendiri PSSI yang salah satunya Persib. Dari enam itu semua menyatakan tanggal lahir sebelum 1930, hanya Persib yang hari jadinya 1930, itu kan jadi pertanyaan yang besar sebuah klub yang belum lahir mendirikan PSSI," tutur Glenn.

Dari hasil penelitian yang dilakukan selama kurang lebih enam, Glenn dan manajemen Persib sepakat jika hari jadi Persib adalah 5 Januari. Bukan 14 Maret lagi.

"Kami dari PT PBB sepakat bahwa tanggal 5 Januari (1919) itu awal berdirinya apa yang disebut sekarang adalah Persib Bandung,” jelasnya.

Pihaknya pun mengusulkan 5 Januari 2024 nanti dijadikan perayaan hari lahir Persib. “Atau setiap 5 Januari untuk merayakan hari jadi Persib," pintanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: