Tips Menjaga Kesehatan Kucing Saat Musim Pancaroba Tiba, Para Catlovers Wajib Tahu

Tips Menjaga Kesehatan Kucing Saat Musim Pancaroba Tiba, Para Catlovers Wajib Tahu

menjaga kesehatan kucing saat musim pancaroba-freepik-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Memasuki musim pancaroba kita harus di persiapkan dengan segala hal yang akan terjadi kedepannya.

Perubahan cuaca, suhu dan lingkungan membuat daya tahan tubuh kita berkurang termasuk hewan-hewan di sekitar kita seperti kucing.

Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan kucing saat musim pancaroba telah datang agar kucing peliharaan kita tidak sakit.

Bagaimana caranya? simak baik-baik di bawah ini.

BACA JUGA:Jangan Dipotong! Inilah 5 Fungsi Kumis Pada Kucing yang Sangat Penting Untuk Keberlangsungan Hidupnya

Berikut Tips Menjaga Kesehatan Kucing Saat Musim Pancaroba

1.Berikan Kucing Air Minum yang Banyak

Banyak minum pada saat musim hujan ternyata penting banget bagi kucing untuk menjaga daya tahan tubuh kucing.

Jadi nggak cuma di musim panas ya, musim hujan pun atau musim pancaroba penting untuk disediakan banyak air minum supaya kucing kamu nggak dehidrasi.

Selalu jaga kebersihan air yang digunakan untuk minum kucing, kalau minum kucing kamu kotor, ini bakal menimbulkan penyakit pada kucing.

2.Jaga Kebersihan Kandang Kucing

Bersihkan kandang secara rutin minimal sekali sehari dengan cara selalu periksa setiap sudutnya, kemudian bersihkan debu atau bulu kucing yang ada, lap dengan kain yang disemprot air atau desinfektan.

Selain itu jangan biarkan kandang dalam kondisi lembab dan berbau ya!pemilik  juga harus rajin ganti pasir dalam litter box (tempat kotoran) setiap hari.

Boleh diberikan desinfektan setelah selesai dibersihkan agar kandang terasa lebih nyaman.

BACA JUGA:Kenali 6 Sikap Kucing Yang Menandakan Bahwa Ia Menyukaimu Sebagai Pemiliknya

3.Berikan Kucing Makanan Tinggi Protein

Makanan yang mengandung protein tinggi sangat dibutuhkan kucing untuk kesehatan para kucing. Pas lagi musim hujan biasanya daya tahan kucing cenderung menurun nih, sedih banget deh.

Maka dari itu sebagai pemilik harus cek secara berkala kesehatan mereka ya. Memberikan makan sehat dan mengandung protein tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh kucing, karena hewan karnivora satu ini membutuhkan banyak protein.

Berikan makanan khusus untuk kucing kemudian bisa juga kamu tambah daging atau ikan untuk kucing.

BACA JUGA:Imut dan Menggemaskan, Inilah 6 Jenis Kucing Kaki Pendek yang Banyak Dipelihara

4.Vaksin kucing

Melakukan vaksin pada kucing secara rutin minimal setahun sekali akan efektif menjaga kesehatan kucing saat musim hujan datang.

Vaksin dapat melawan bakteri dan virus pada hewan secara efektif dan bisa kamu lakukan di pet clinic terdekat. Kalau kucing tidak di vaksin, biasanya bakal rentan terserang penyakit yang diakibatkan oleh virus atau bakteri, apalagi kalau kucing kamu jenis ras.

5.Berikan Makanan Protein Tinggi

Makanan yang mengandung protein tinggi sangat dibutuhkan kucing untuk kesehatan sang kucing. Pada saat musim pancaroba tiba daya tahan kucing cenderung menurun.

Memberikan makan sehat dan mengandung protein tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh kucing.

Sejatinya kucing adalah hewan karnivora yang membutuhkan banyak protein. Berikan makanan khusus untuk kucing kemudian bisa juga menambahkan daging maupun ikan untuk kucing.

Jangan memberikan nasi untuk kucing secara berlebihan dan jangan paksa kucing untuk makan nasi kalau kucing tidak mau memakannya. Nasi bisa menyebabkan melemahkan daya tahan tubuh kucing.

Sejatinya kucing adalah pemakan daging maupun ikan yang mengandung protein tinggi.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Merek Makanan Kucing yang Bagus Untuk Menyehatkan Bulu, Tumbuh Lebat dan Tidak Rontok

6.Periksa Kesehatan Kucing Secara Reguler

Memeriksa kesehatan kucing secara reguler sangat penting untuk kucing ketika musim hujan. Pada saat musim hujan banyak terjadi penyebaran bakteri dan virus.

Jika kucing dilakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin maka bisa efektif dalam menjaga kesehatan kucing.

Periksa kucing ke dokter hewan terpercaya sehingga hasilnya maksimal. Dengan usaha sungguh-sungguh dalam menjaga kesehatan kucing maka kucing akan selalu sehat.

Sekian artikel mengenai tips menjaga kesehatan kucing saat musim pancaroba, semoga dapat membantu para pembaca mengenai kucing saat musim pancaroba tiba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: