Manfaat Tanaman Janda Bolong Sebagai Tanaman Hias dan Dapatkan 6 Manfaatnya

Manfaat Tanaman Janda Bolong Sebagai Tanaman Hias dan Dapatkan 6 Manfaatnya

manfaat tanaman janda bolong-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Bukan sekedar tanaman biasa ternyata ada manfaat tanaman janda bolong sebagai tanaman hias di rumah, kira-kira apa saja manfaatnya? simak sampai selesai di bawah ini ya.

Tanaman Monstera atau biasa di sebut dengan janda bolong baru-baru ini menjadi salah satu tanaman hias paling trendi dan populer di luar sana, namun tanaman ini selalu disukai oleh para penggemar tanaman di seluruh dunia.

Nama monstera berasal dari kata latin “ monstrum ” yang berarti monster, mengerikan, atau tidak normal. Beberapa dari berbagai nama umum spesies, seperti tanaman keju Swiss atau tanaman lima lubang, mengacu pada penampakan daun monstera yang berfenestrasi.

Tanaman monstera tumbuh seperti tanaman merambat dan memiliki sistem akar udara yang dapat berakar di tanah seperti tanaman terestrial atau di sisi pohon atau batu seperti epifit. Akibatnya, mereka diklasifikasikan sebagai tumbuhan hemiepifit.

BACA JUGA:Kenapa Dinamakan Janda Bolong? Ternyata Begini Asal Usul Nama Tanaman Monstera di Indonesia

Di habitat aslinya, mereka dapat tumbuh setinggi beberapa kaki hingga hampir 70 kaki, selama mereka memiliki pohon yang cukup tinggi untuk mendukung pertumbuhannya.

Monstera paling dikenali dari daunnya yang mengembangkan fenestrasi (lubang) saat dewasa. Pada spesies tertentu, fenestrasinya tumbuh sangat besar hingga mencapai tepi daun sehingga tampak seperti jari.

Berikut Manfaat Tanaman Janda Bolong

1.Sebagai Tanaman Hias Yang Indah dan Unik

Meskipun memiliki banyak manfaat, tanaman monstera mungkin paling dihargai karena keindahan dan kegunaan hiasnya. Mereka tumbuh dengan mudah di dalam ruangan (dan juga dapat diperbanyak ) dan menambah daya tarik visual pada ruangan mana pun.

Berkat daunnya yang berfenestrasi unik, daun ini juga menjadi subjek populer yang direplikasi dalam seni, tekstil, dan wallpaper yang digunakan dalam mode dan desain interior.

BACA JUGA:Simak 4 Cara Merawat Tanaman Janda Bolong Agar Menjadi Tanaman Hias Yang Cantik dan Memiliki Banyak Manfaat

2.Ilmu Kedokteran dan Kesehatan

Akar tanaman monstera telah digunakan untuk membuat obat gigitan ular di Martinik, dan bagian tanaman juga telah digunakan sebagai pengobatan topikal untuk arthritis.

Namun, jangan mencoba meniru perawatan ini sendiri. Seluruh bagian tanaman monstera mengandung kristal kalsium oksalat yang tidak larut, sehingga menyebabkan iritasi ekstrim pada jaringan lunak di dalam dan di luar tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: