Ternyata Inilah 5 Alasan Kenapa Mata Kucing Berair, Tanda Anabul Tidak Baik-Baik Saja!

Ternyata Inilah 5 Alasan Kenapa Mata Kucing Berair, Tanda Anabul Tidak Baik-Baik Saja!

Ternyata Inilah 5 Alasan Kenapa Mata Kucing Berair, Tanda Anabul Tidak Baik-Baik Saja!-Barkeley Dog and Cat House-radarkuningan.com

BACA JUGA:Mengenal 5 Perilaku Kucing Yang Menyukai Pemiliknya, Apa Kucingmu Termasuk?

1. Infeksi mata

Alasan pertama kenapa mata kucing berair adalah karena infeksi mata. Anak kucing yang baru lahir mungkin mengalami infeksi mata karena infeksi pada vagina ibunya saat lahir dan karena lingkungan yang tidak bersih. 

Luka pada mata atau adanya benda asing yang masuk ke dalam mata, seperti pasir, juga dapat menyebabkan infeksi mata. 

Penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri juga bisa menyebabkan infeksi mata. 

Misalnya, penyakit bakteri kucing yang dikenal sebagai klamidofilosis biasanya menyebabkan infeksi mata dan konjungtivitis. Cairan berwarna hijau atau kuning biasanya merupakan pertanda infeksi bakteri.

BACA JUGA:Pemilik Anabul Wajib Tahu! Inilah 6 Perilaku Kucing Sebelum Mati yang Perlu Kalian Perhatikan

Untuk mengatasinya, kalian bisa memberikannya makanan kucing yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anabul, sehingga dapat membentuk sistem imun kucing.

2. Luka

Luka pada daerah mata atau permukaan mata kucing dapat menyebabkan mata berair. Goresan kornea, juga dikenal sebagai luka kornea, menyebabkan kucing memicingkan mata dan tidak mau dipegang di sekitar wajahnya karena sakitnya.

Dan untuk penanganannya biasanya dokter hewan akan memberikannya obat tetes mata khusus yang dapat mempercepat proses kesembuhan jaringan mata yang terluka.

3. Alergi

Kucing mungkin memiliki alergi dengan mata berair. Ini bisa menjadi pertanda alergi terhadap berbagai zat, seperti debu, serbuk sari, jamur, bahan kimia, atau bahan makanan. Bersin dan gatal adalah tanda alergi kucing lainnya.

BACA JUGA:Apakah Kucing Peliharaan mu Mecintaimu? Ini Dia Perilaku Kucing Mencintai dan Menyayangi Pemiliknya

4. Flu kucing

Mata berair kucing juga bisa disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas, yang lebih dikenal sebagai "flu kucing". Infeksi virus herpes kucing atau Calicivirus adalah penyebab paling umum flu kucing. 

Kedua virus ini dapat menyebabkan mata berair dan konjungtivitis. Lesu, tidak nafsu makan, hidung berair, dan demam adalah gejala flu kucing lainnya.

5. Saluran kelenjar air mata kucing tersumbat

Kelenjar air mata memproduksi air mata secara teratur untuk melembabkan bola mata. 

Apabila saluran hidung tersumbat, lebih banyak air mata akan keluar dari hidung, membuat mata kucing terlihat lebih berair daripada biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: