Istilah-istilah Hewan Ini Sering Digunakan di Taman Nasional Gunung Ciremai, Begini Penjelasannya

Istilah-istilah Hewan Ini Sering Digunakan di Taman Nasional Gunung Ciremai, Begini Penjelasannya

Pelepasliaran salah satu hewan endemik di Gunung Ciremai.-KSDAE KLHK-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Banyak istilah hewan yang biasa digunakan di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Namun, banyak masyarakat masih belum mengetahui secara jelas istilah-istilah hewan tersebut.

Beberapa istilah hewan atau binatang yang sering disebut di TNGC antara lain, hewan liar, hewan peliharaan, hewan endemik dan hewan eksotik. Bahkan istilah hewan sendiri juga sering disebut tetapi belum banyak yang tahu penjelasannya.

Belum lagi istilah yang hewan yang lebih khusus lagi. Yang hidup di kawasan hutan TNGC ini.

Misalnya dari keluarga kucing. Bahkan sulit juga membedakan antara kucing domestik, kucing liar hingga kucing hibrida. Jika di TNGC juga mengenal istilah kucing endemik Indonesia.

BACA JUGA:Pastikan 3 Tanaman Ini Ada di Rumah Anda! Dapat Memberikan Keberuntungan Menurut Feng Shui Loh

Dirjen Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam menjelaskan, yang disebut dengan  hewan adalah segala macam jenis sumber daya alam hewani. Baik itu berasal dari hewan yang hidup di darat, air dan udara.

Sementara dalam bahasa latin, hewan disebut sebagai Animalia. Berasal dari kara anima yang berarti jiwa.

Berbagai macam hewan tersebut kemudian diklasifikasikan berdasarkan kriteria tertentu. Seperti karakteristik fisik, jenis makanan dan tempat.

Dari hal inilah muncul beberapa istilah hewan. Misalnya hewan liar, hewan peliharaan, hewan endemik dan hewan eksotik.

BACA JUGA:Beredar Daftar Menteri Reshufle Kabinet, Dudung Jadi Kepala BIN, Benarkah? Cek Fakta Berikut Ini

Yang dimaksud hewan liar adalah jenis hewan yang hidup di darat, air, dan udara yang masih mempunyai sifat-sifat liarnya. Atau, pada dasarnya hidup berhabitat di alam bebas.

Sedangkan yang disebut hewan peliharaan merupakan hewan yang dijinakan dan diurus oleh pemiliknya. Juga memiliki ikatan emosional di antara keduanya.

Adalagi istilah hewan endemik. Hewan jenis ini adalah spesies hewan yang berada di satu lokasi geografiter tentu. Seperti pulau, lungkang, gunung, negara, atau zona ekologi tertentu. Makanya sering mendengar juga istikah hewan endemik Gunung Ciremai.

Hewan bisa dikatakan endemik, suatu organisme harus ditemukan hanya di suatu tempat dan tidak ditemukan di tempat lain. Misalnya hewan langka endemik Gunung Ciremai antara lain: Macan Kumbang (Panthera pardus), Surili (Presbytis comata), dan Elang Jawa (Spyzaetus bartelsi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: