Mengenal Sterilisasi dan Kastrasi pada Kucing Betina dan Jantan, Beda Loh, Dokter Hewan Kasih Penjelasan

Mengenal Sterilisasi dan Kastrasi pada Kucing Betina dan Jantan, Beda Loh, Dokter Hewan Kasih Penjelasan

Mengenal tindakan sterilisasi dan kastrasi pada kucing menurut Dokter Hewan, drh Dyah Komala Laksmi.-Apridista-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Sterilisasi kucing belakangan menjadi topik yang diperbincangkan masyarakat, lantaran sudah muncul kesadaran untuk melakukan pengendalian populasi.

Karenanya, sterilisasi kucing juga menjadi kebutuhan bagi pemilik hewan peliharaan ini. Bahkan sudah meluas menjadi isu untuk kesejahteraan hewan.

Tidak hanya pada hewan keliharaan, belakangan juga sudah muncul desakan untuk dilakukan sterilisasi kucing liar atau jenis kucing kampung.

Pasalnya, hewan dengan nama ilmiah felix silvestris ini, termasuk yang bisa berkembang biak dengan cepat dan memiliki jumlah anak mulai dari 1 hingga 12 setiap melahirkan.

BACA JUGA:Kenali Tipe Honda Freed Sebelum Memutuskan Membeli, Ada Pintu Geser yang Cuma 1

Dengan kemampuan reproduksi yang sangat cepat ini, populasi kucing memang bisa bertambah dalam waktu singkat.

Kalau sudah begitu, masalah populasi yang akan dihadapi dan menjadi faktor berpengaruh pada lingkungan rumah maupun kawasan permukiman lainnya.

Kendati demikian masih ada istilah yang ternyata keliru terkait dengan sterilisasi kucing. Istilah ini disamaratakan baik bagi kucing betina dan jantan.

Padahal, istilah pada dunia kedokteran hewan berbeda untuk tindakan pengambilan organ reproduksi pada kucing jantan maupun betina.

BACA JUGA:Digoreng Terus, Harga Honda Freed Kian Tinggi, Jadi Mobil Ikonik untuk Mamah Muda

Dokter hewan, drh Dyah Komala Laksmi menjelaskan, tindakan sterilisasi adalah jenis operasi pada hewan untuk pengambilan organ reproduksi.

Tujuannya adalah agar kucing tersebut tidak dapat memiliki keturunan lagi atau untuk pengendalian populasi.

Tetapi istilah sterilisasi ini hanya berlaku untuk kucing betina. Sedangkan pada kucing jantan dikenal dengan istilah kastrasi.

"Untuk betina memang dinamakan sterilisasi, tetapi untuk jantan disebutnya kastrasi," kata drh Dyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: