Cipondok, Desa di Kabupaten Kuningan Ini Dibentengi 3 Gunung, Cocok sebagai Tempat Peristirahatan

Cipondok, Desa di Kabupaten Kuningan Ini Dibentengi 3 Gunung, Cocok sebagai Tempat Peristirahatan

Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan yang cocok menjadi tempat peristirahatan.-KKN Desa Cipondok-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ada salah satu desa di Kuningan Timur yang memiliki hawa yang cukup sejuk. Namanya desa Cipondok. desa ini dibentengi oleh 3 gunung.

Cipondok adalah nama salah satu desa yang ada di Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan. Ada 3 gunung yang ada di sekitar Cipondok, yakni Gunung Sarongge, Gunung Cihirup dan Gunung Beleketebe.

Ada tulisan menarik dari akun Sedjarah Koeningan Cimmunity yang diunggah melalui media sosial facebook. Tulisan tersebut membahas sejarah Desa Cipondok.

Dijelaskannya, kondisi alam Cipondok memang sangat mendukung untuk berkembangnya kehidupan manusia. Meskipun iklimnya terbilang tropis, namun rangkaian pegunungan di sekitarnya membuat wilayah itu cukup sejuk.

BACA JUGA:Kenali 4 Tanda Ekor Kucing Sebagai Isyarat Dalam Mengetahui Emosi Kucing 

Selain itu, Desa Cipondok merupakan habitat berbagai macam flora dan fauna yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi sumber kehidupan manusia. 

Sementara, 3 gunung yang terdapat di sekitar desa itu dapat pula menjadi benteng alam. Gunung-gunung itu bisa melindungi warganya dari pergerakan atau serangan kelompok lain yang memang seringkali terjadi di masa lalu.

Jika ditelisik dari namanya, tidak ada yang tahu pasti, berasal dari rangkaian kata apa kata Cipondok itu. Namun demikian, dalam catatan sejarah desa, nama Cipondok senantiasa dikaitkan dengan dua kata yang dihubungkan, yaitu kata “cai” dan “mondok”.

Ada 2 versi dalam penggabungan kata cai dan mondok untuk menjadi Cipondok. Pertama, Cipondok yang dinyatakan sebagai air membeku (cai mondok). Sebutan ini terkait dengan iklim di daerah yang sejuk. Hal itu seringkali membuat air membeku.

BACA JUGA:Beginilah 4 Cara Mengetahui Kucing yang Sedang Sedih dan Terdapat Solusinya

Kedua, Cipondok yang disebutkan sebagai tempat peristirahatan (ci mondok). Dalam hal ini, ci diartikan sebagai tempat. Sementara mondok berarti tempat peristirahatan.

Pada mulanya Cipondok adalah suatu tempat yang berupa hutan lebat. Hutan ini memiliki iklim yang cukup sejuk sehingga kondisinya sangat dingin. 

Suasana seperti itu membuat orang-orang yang pernah melewatinya merasa nyaman untuk beristirahat atau mondok di sana. 

Dalam unggahan itu disebutkan, pemukiman awal masyarakat Cipondok terjadi pada sekitar abad ke-18 dan ke-19 M.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: