Masih Remaja dan 1 Jantan, Dugaan 3 Macan Tutul Penghuni Baru Gunung Ciremai, Bukan Slamet Ramadhan?

Masih Remaja dan 1 Jantan, Dugaan 3 Macan Tutul Penghuni Baru Gunung Ciremai, Bukan Slamet Ramadhan?

Individu baru macan tutul di Gunung Ciremai yang terekam camera trap. -BTNGC-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Dugaan 3 macan tutul yang tertangkap camera trap di kawasan hutan rimba Gunung Ciremai itu dengan ciri masih remaja. Selain itu, salah satu di antaranya dipastikan berjenis kelamin jantan.

Memang belum jelas. Apakah ketiga macan tutul Jawa tersebut masih remaja? Atau, apakah hanya 1 yang dipastikan jantan saja, yang masih remaja?

Jika satwa liar berjenis kelamin jantan di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) itu masih remaja, hampir dipastikan bukan macan tutul jawa bernama Slamet Ramadhan. 

Sebab, macan tutul jawa berjenis kelamin jantan yang dilepasliarkan pada 19 Juli tahun 2019 di kawasan TNGC sudah tidak remaja lagi. Dengan kata lain, macan tutul itu benar-benar penghuni baru di kawasan gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut.

BACA JUGA:Cobain Deh! 6 Cara Mengusir Kucing Agar Tidak ke Rumah, Cocok Buat Anda yang Tak Suka Hewan Ini

Namun dipastikan, macan tutul (panthera pardus melas) itu bukan anak dari pasangan Slamet Ramadhan dan Rasi, macan tutul betina yang dilepasliarkan pada 5 Maret 2022.

Besar kemungkinan, macan tutul remaja itu tidak ada kaitannya dengan Rasi dan Slamet Ramadhan. Satwa liar remaja itu keturunan si Raja Hutan lainnya.

Ada pernyataan yang perlu dicermati dari Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Maman Surahman. Dia mengungkapkan, jika dugaan 3 macan tutul di kawasan tersebut masih remaja. 

Apakah ketinganya masih remaja. Atau yang jantan saja. Kemudian Maman juga menyebut penghuni baru, berarti macan-macan tersebut masih belum dewasa.

BACA JUGA:Minim Perawatan, 5 Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Area Rumah, Cocok Untuk Pemula!

Seperti ramai diberitakan, pengelola TNGC menduga ada 3 ekor macan tutul baru di kawasan tersebut. Ketiganya tertangkap kamera trap yang dipasang di kawasan itu.

Ada 5 gambar yang diduga remaja macan tutul. Salah satunya berjenis kelamin jantan. Kemudian 2 di antaranya belum diketahui jenisnya.

Maman mengungkapkan hasil tangkapan layar dari lima kamera trap yang terpisah. Setelah diteliti lebih detail, ternyata hanya tiga individu yang berusia remaja. Salah satunya berjenis kelamin jantan.

“Saat terekam kamera, macan tutul ini terekam di bagian buntutnya. Di situlah tampak jenis kelamin, karena ada semacam alat kelamin jantan pada macam tutul tersebut," ujar Maman, akhir tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: