Tangkuban Perahu, Gunung Unik dengan 9 Kawah, Ada yang Tidak Boleh Dikunjungi karena Beracun

Tangkuban Perahu, Gunung Unik dengan 9 Kawah, Ada yang Tidak Boleh Dikunjungi karena Beracun

Kawah Gunung Tangkuban Perahu yang menjadi daya tarik wisata alam di Kabupaten Bandung Barat.-Yuda Sanjaya/Dok-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Gunung Tangkuban Perahu yang berada di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, memiliki banyak keunikan dan sudah menjadi destinasi wisata unggulan. 

Salah satunya adalah kawah yang dimiliki Gunung Tangkuban Perahu, lantaran memiliki jumlah kawah sampai 9 buah.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter di atas permukaan laut (MDPL). Uniknya gunung ini sudah bisa dikunjungi menggunakan kendaraan roda 4.

Jarak dari area pintu masuk kawasan wisata alam ini sampai dengan puncak hanya sekitar 4 sampai dengan 5 kilometer saja.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Bisa Lolos Otomatis Hari Ini Sebelum Lawan Jepang, Kalau Hal Ini Terjadi, Semoga Saja

Tentu dengan medan jalan yang menanjak dan berkelok-kelok, namun aman dilintasi oleh kendaraan termasuk bus sekalipun.

Perjalanan dari area pintu masuk sampai dengan puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit saja.

Khusus untuk kendaraan bus, hanya bisa sampai area sebelum kawah ratu. Nantinya penumpang akan dialihkan menggunakan kendaraan shuttle, karena medan jalan yang semakin menanjak.

Tidak hanya pesona untuk melihat bagian kawah di dekat area puncak, pemandangan sepanjang jalan juga menjadi daya tarik tersendiri.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Bau Kotoran Kucing, Ada Gas Beracun yang Mengganggu Kesehatan

Menariknya, Gunung Tangkuban Perahu memiliki 9 kawah di seluruh bagaiannya. Namun, tidak semua bisa dikunjungi masyarakat.

Gunung api aktif di Provinsi Jawa Barat ini, memang lekat dengan legenda Sangkuriang yang menendang perahu lantas menjadi gunung, karena kesal gagal menikahi Dayang Sumbi, ibunya sendiri.

Terlepas dari kisah legenda tersebut, Gunung Tangkuban Perahu punya sisi unik lainnya yakni keberadaan kawah yang mencapai 9 buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: