Bukan Maung Putih tapi Macan Sancang, Sering Keluar Hutan, Mendekati Pemukiman Warga Setempat

Bukan Maung Putih tapi Macan Sancang, Sering Keluar Hutan, Mendekati Pemukiman Warga Setempat

Leuweung Sancang dihuni macan tutul Jawa. Foto hanya ilustrasi. -Istimewa-radarkuningan.com

BACA JUGA:Meski Terlihat Cuek, Ternyata Ini 5 Cara Kucing Berterima Kasih Padamu, Makin Gemas!

Warga yang merekam trio macan itu, mengaku baru pertama kali melihat langsung satwa-satwa liar dan buas itu. Selama ini dia hanya mendengar dari orang-orang yang tinggal di dekat hutan produksi itu.

Rekaman warga yang “mujur” bertemu 3 Macan Sancang tersebut menyebar dan viral di media sosial. Bahkan, rekaman itu juga banyak dibagikan oleh para penggiat media sosial.

"Ieu para pemirsa yeuh, bilih hoyong terang bilih teu acan terang anu belang”, ungkap warga tersebut. Artinya: “Ini pemirsa barangkali mau tahu, yang belang”.

“Lokasina di tonggoheun Cicarulang, Batunyengel, nembean mendak nu kieu,” lanjut si perekam. Artinya: “Lokasinya di atas Cicarulang, Batunyengel, baru kali ini menemukan yang seperti ini”.

BACA JUGA:Tanaman Hias Sirih Gading Diletakan Pada Pot Gantung, Menjadi Dekorasi Indah, Inilah 5 Caranya!

Walaupun terkenal mistis, buka rahasia lagi, di  sekitar Leuweung Sancang banyak aktifitas perburuan. Terutama perburuan babi hutan. 

Para pemburu babi hutan, sepertinya tidak pernah takut dengan mitos, pamali dan pantangan di hutan paling angker di Jawa Barat tersebut. Apalagi, hutan tersebut merupakan cagar alam yang perlu dilindungi.

Karena berkurangnya babi hutan di kawsan tersebut, tak heran kalau macan-macan itu keluar dari Leuweung Sancang. Sebab, babi merupakan salah satu mangsa dari satwa berjuluk Raja Hutan itu.

Pihak Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III memastikan jika di Kawasan Cagar Alam Leuweung Sancang saat ini masih terdapat populasi macan tutul. Satwa liar tersebut diberi nama Macan Sancang.

BACA JUGA:Bikin Subur, Inilah 4 Pupuk Alami untuk Tanaman Janda Bolong dan Cara Membuatnya, Mudah Dipraktikan!

Selain macan, ada juga beberapa jenis satwa langka lainnya. Satwa-satwa itu masih hidup di kawasan cagar alam yang berlokasi di Desa Sancang, Kecamatan Cibalong tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: