Hancur! Markas KKB Manfred Watem Berhasil Dikuasai Satgas Yonif 133 Yudha Sakti

Hancur! Markas KKB Manfred Watem Berhasil Dikuasai Satgas Yonif 133 Yudha Sakti

Markas KKB Papua berhasil dikuasai Satgas Yonif Yudha Sakti. -Puspen TNI-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Kelompok Separatis Teroris Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (KST TPNPB) Kodap IV/Sorong Raya, berhasil dikuasai oleh Satgas Yonif 133 Yudha Sakti.

Lokasi markas tersebut berada di hutan pedalaman Papua yang jarang terjamah oleh manusia. Sejumlah peralatan dan barang bukti pun disita.

Markas teroris KKB tersebut merupakan milik pasukan di bawah pimpinan Manfred Fatem. Lokasi itu, berhasil ditembus setelah peristiwa di Dusun Sagu, Aifat Timur Jauh, Kabupaten Maybrat - Papua Barat Daya.

Untuk mencapai lokasi itu, ternyata tidak mudah. Satgas Yonif 133 Yudha Sakti mesti berhari-hari melakukan patroli hingga ke dalam hutan.

BACA JUGA:Kenali 5 Penyakit Menular Jika Tidur Bersama Kucing, Para Pecinta Kucing Wajib Baca!

Dansatgas Yonif 133/Yudha Sakti, Letkol Inf Andhika Ganessakti yang lebih akrab disapa Letkol Petir saat dikonfirmasi oleh Tim Penerangan Satgas Yonif 133/YS membenarkan informasi itu. 

Dia mengatakan bahwa pasukannya yaitu 2 Tim Mobile Sakti pimpinan Sertu Dega Jandri Folanda dan Serda Dimas Nuhali Pardosi berhasil menguasai dan menduduki markas kelompok KKB pimpinan Manfred Fatem setelah berhari-hari melaksanakan Patroli dan Ambush di dalam hutan Papua yang jarang terjamah orang.

"Ya memang berita ini benar, pasukan kami telah melakukan Patroli dan Ambush terhitung sejak hari Minggu, tanggal 21 Januari 2024 dan hingga hari ini kami telah berhasil menguasai dan menduduki markas KKB pimpinan Manfred Fatem yang berada di Dusun Sagu-Aifat Timur Jauh," katanya.

Dijelaskan dia, kelompok tersebut berhasil lolos dari sergapan pasukan, tetapi markas mereka telah berhasil dikuasai dan sudah dihancurkan.

BACA JUGA:Ridwan Kamil: Dukungan Warga Disabilitas Jadi Booster TKD Jabar Menangkan Prabowo - Gibran

Sejumlah barang bukti berhasil disita dari markas tersebut, sebelumnya juga Tim Mobile Sakti juga sudah berhasil mengamankan 2 oknum masyarakat yang aktif sebagai simpatisan kelompok KKB tersebut.

Mereka diamankan di tengah hutan kampung Aisa, Distrik Aifat Timur Jauh dan mengakui bahwa mereka selama ini merupakan simpatisan yang bertugas untuk mengantar logistik kepada kelompok OPM tersebut.

Letkol Petir Andhika Ganessakti menambahkan, dalam operasi tersebut, Pasukan Yudha Sakti berhasil mengamankan dan menyita barang bukti berupa 1 helai bendera bintang kejora.

Kemudian 6 butir munisi kaliber 5,56 mm,1 buah teleskop, 1 buah solarcell, beberapa senter, 2 lembar kartu KIS, 3 buah charger HP, 1 buah lensa kamera, 1 buah HP, beberapa busur berikut anak panahnya, bahan makanan dan beberapa jenis obat-obatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: