Awalnya Bukit Alami, Gunung Padang Dipangkas dan Ditutup dengan Batu, Jadilah Piramida

Awalnya Bukit Alami, Gunung Padang Dipangkas dan Ditutup dengan Batu, Jadilah Piramida

Gunung Padang disebut sebagai piramida tertua di dunia.-Ali Akbar/Ig-radarkuningan.com

BACA JUGA:Kenali 4 Penyebab Kucing Menjadi Depresi, Apakah Kucingmu Termasuk? Yuk Simak

Pada masa itu, manusia yang hidup memiliki ciri fisik sudah seperti manusia modern saat ini. Tetapi jauh lebih tua dari orang Melayu dan Austronesia yang disebut sebagai nenek moyang Bangsa Indonesia.

Saat melakukan eskavasi, Dr Ali Akbar mengungkapkan, telah melakukan serangkaian pengukuran. Baik dari sisi tangga naik, tangga turun maupun struktur lainnya.

Hasil pengukuran itu, mengungkap indikasi bahwa pembuat situs tersebut memiliki ukuran tubuh nyaris sama dengan manusia modern.

"Mereka sudah mampu bergotong royong dan berhasil membuat bangunan monumental," tandasnya.

BACA JUGA:Kenapa Kucing Kampung Sering Mendekati Kita? Ini 4 Tanda Kucing Menyukai Kita, yang Perlu Kamu Ketahui

Keberadaan Situs Gunung Padang, kata Dr Ali Akbar, memang berpotensi mengubah dunia arkeologi di masa depan.

Sebab, akan ada pertanyaan baru. Bagaimana kalau ternyata peradaban tertua di dunia bukan berada di Mesopotamia atau Mesir, melainkan di Indonesia.

"Selama ini kita diajarkan kalau peradaban pertama lahir di Mesopotamia, di daerah bulan sabit yang subur. Penemuan di Gunung Padang tentu bisa mengubah pemahaman terkait masyarakat awal yang ada di dunia," tuturnya.

Temuan ini, berpotensi mengubah garis waktu peradaban dunia, tetapi memperdalam pemahaman terhadap peradaban kuno jauh sebelum Piramida Mesir.

BACA JUGA:5 Tanda Kucing Sedih Yang Butuh Perhatian Lebih Darimu! Yuk Peka

"Situs ini menunjukkan ada peradaban yang belum sepenuhnya kita pahami. Tentu ini akan memicu debat sengit di kalangan para ahli," bebernya.

Mitos Gunung Padang

Meski menjadi kekayaan arkeologi kelas dunia, sayangnya situs ini tidak lepas dari mitos. Dikhawatirkan keberadaan mitos tersebut justru bisa menghalangi pemahaman terkait dengan situs tersebut.

Ada yang bilang Gunung Padang adalah bagian dari peradaban Atlantis yang hilang. Kemudian ada yang mengaitkan dengan situs ini memiliki kekuatan mistis dan energi metafisika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: