Situs Gunung Padang Dibangun di Atas Gunung Api, Jurnal Internasional Dicabut karena Ilmuwan Barat Tak Setuju?

Situs Gunung Padang Dibangun di Atas Gunung Api, Jurnal Internasional Dicabut karena Ilmuwan Barat Tak Setuju?

Jurnal internasional Situs Gunung Padang ditarik diduga karena peneliti barat tidak setuju dengan hasil penelitian tersebut.-Endi Permana - Tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Situs Gunung Padang merupakan sebuah struktur yang dibangun di atas gunung api dengan usia jutaan tahun lalu.

Gunung api tersebut menghasilkan batu columnar joint yang kemudian dijadikan bahan pembangunan struktur setinggi kurang lebih 30 meter.

Hal tersebut dipaparkan Arkeolog, Dr Ali Akbar pasca jurnal internasional Situs Gunung Padang retracted atau ditarik oleh publisher.

Ali Akbar mempertahankan hasil penelitiannya dengan menyatakan bahwa columnar joint yang digunakan untuk membangun Situs Gunung Padang memang bahan alami.

BACA JUGA:Kental dengan Mistis, Ini 5 Mitos Menanam Bunga Kenanga di Depan Rumah, Nomor 4 Tentang Jodoh!

BACA JUGA:Apakah Lidah Buaya Termasuk Tanaman Obat? Ini 5 Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Obat Alami Berbagai Penyakit

Tetapi sudah ada campur tangan manusia dalam proses pembangunan. Hal itu dibuktikan dengan adanya tanah urugan dan lapisan batu.

"Jadi seperti lapis. Susunannya batu, tanah urug, batu, tanah urug dan begitu seterusnya," kata Ali Akbar menyampaikan penjelasannya, dikutip radarkuningan.com, Sabtu, 30, Maret 2024.

Jurnal internasional "Geo‐archaeological prospecting of Gunung Padang buried prehistoric pyramid in West Java, Indonesia” sebelumnya telah diterbitkan dalam Archaelogical Prospection oleh Wiley.

Namun temuan tim peneliti yang diperoleh lewat penelitian selama puluhan tahun tersebut, mendadak ditarik oleh penerbit.

BACA JUGA:2 Kejadian Mistis saat Penelitian Situs Gunung Padang, Ada Batu Kujang, Kakek Jubah Putih: Salah Saya Apa?

BACA JUGA:KERAS! Jurnal Situs Gunung Padang Disebut Ada Major Error, Peneliti: Jangan Gosip

Tim peneliti Situs Gunung Padang terdiri dari berbagai disiplin ilmu mulai dari geologi, geofisika, arkeolog hingga antropolog.

Mereka adalah Danny Hilman Natawidjaja, Andang Bachtiar, Bagus Endar B. Nurhandoko, Pon Purajatnika, Mudrik R. Daryono, Dadan D. Wardhana, Andri S. Subandriyo, Andi Krisyunianto, Tagyuddin, Budianto Ontowiryo, Yusuf Maulana dan tentunya Ali Akbar sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: