Gerbang Tol Kertajati Banjir, Astra Tol Cipali Tidak Lakukan Penutupan, Kendaraan Kecil ke GT Sumberjaya

Gerbang Tol Kertajati Banjir, Astra Tol Cipali Tidak Lakukan Penutupan, Kendaraan Kecil ke GT Sumberjaya

Banjir merendam akses jalan menuju Gerbang Tol Kertajati Kabupaten Majalengka.-Tangkapan layar-radarkuningan.com

BACA JUGA:Penyebab Banjir di Gerbang Tol Kertajati Majalengka, Tanggul Sungai Jebol, Ribuan Rumah Terendam

"Banjir dipicu akibat jebolnya tanggul di Sungai Cipelang di beberapa titik. Selain ribuan unit rumah dan KK, dampak banjir di tiga desa juga mengakibatkan seluas 200 hektare dari total 600 hektare lahan pertanian di tiga desa tersebut juga terendam banjir," katanya.

Pj bupati Majalengka mengatakan Pemerintah Daerah (Pemda) Majalengka telah melakukan langkah penanganan, diantaranya mengirimkan bantuan air bersih untuk ribuan warga yang terdampak.

Di samping itu, bagi areal lahan yang terendam banjir, pihaknya juga akan memberikan bantuan bibit tanaman padi. Pemerintah bersama TNI/Polri tengah menyiapkan langkah darurat pada musibah banjir di tiga desa kecamatan Kertajati ini.

"Penanganan tersebut berupa menutup tanggul jebol dengan teknis kedaruratan bencana. Pihaknya bersama BPBD telah melakukan peninjauan di beberapa titik akibat jebolnya tanggul," jelasnya.

BACA JUGA:4 Alasan Kucing Tidak Menghabiskan Makan, dan Bahkan Meminta Porsi Baru Pada Kita!

Dari hasil pantauan di lapangan di titik Desa Kertawinangun ada 50 meter tanggul jebol. Kemudian, ada juga di blok Jagawana Desa Palasah Kecamatan Kertajati juga jebol.

Pihaknya telah melakukan upaya kedaruratan sementara. Pemkab juga telah melakukan rapat koordinasi dengan OPD terkait untuk melakukan penanganan sementara, hingga antisipasi pencegahan kejadian serupa.

"Kami juga sudah melaporkan ke pihak BBWS untuk perbaikan tanggul jebol yang ada di beberapa titik. Kami juga sudah menyiapkan dan menyediakan logistik, hasil koordinasi dengan bulog," bebernya.

Ke depan pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati karena memasuki Februari ini merupakan puncak musim hujan.

BACA JUGA:Butuh Mobil Tapi Budget Terbatas? Berikut Rekomendasi Mobil Bekas dibawah 50 Juta Rupiah! Ada Mobil Ganteng!

Untuk kabupaten Majalengka sendiri berstatus waspada karena potensi cuaca dengan intensitas hujan cukup tinggi bisa berpotensi hingga April mendatang. (ono cahyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: