Semalam Ada 3 Kejadian Longsor di Kabupaten Kuningan, Menimpa Rumah dan Mobil

Semalam Ada 3 Kejadian Longsor di Kabupaten Kuningan, Menimpa Rumah dan Mobil

Terdapat 3 kejadian longsor di Kabupaten Kuningan yang menyebabkan kerugian materil.-BPBD Kabupaten Kuningan-radarkuningan.com

Tiga lokasi tersebut antara lain: Dusun Kliwon RT 07 RW 02 Blok Awirama, Dusun Manis RT 09 RW 03, Blok Wangkaran Dusun Manis RT 10 RW 03.

BACA JUGA:Panjang Bisa Sampai 6 Meter dan Dikenal Predator Mematikan, Inilah Fakta Menarik Ular Anang

Tidak terdapat korban jiwa pada kejadian ini. Namun, terdapat beberapa dampak kerugian material inventari pribadi dan pemerintah desa lainnya yang dirasakan warga di ketiga dusun tersebut.

Menurut laporan BPBD, di Dusun Kliwon Blok Awirama, tanah longsor mengakibatkan 4 kolam ikan milik Bapak Samu, Bapak Suhanan, Bapak Suryana, dan Bapak Ma’ud tertimbun material longsoran.

Selain itu, material longsoran mengakibatkan terancamnya 1 kolam ikan milik Bapak Nana dan 3 samping kolam ikan milik Bapak Suhadi, Bapak Ahdi, Bapak H Toha Ilham jebol terkikis longsoran.

Dampak yang terjadi di Dusun Manis RT 09 RW 03 yaitu kerusakan berat pada pondasi musola Nurul Iman, tepatnya pada WC dan tempat wudhu mushola tersebut terseret longsoran.

BACA JUGA:5 Tanda Kucing Suka Tidur Dekat Kita, Ternyata Pertanda Ia Menyukaimu Lho! Apa Kamu Menyadari?

Untuk dampak yang terjadi di Blok Wangkaran Dusun Manis Kertawirama RT 10 RW 03 adalah tebing jalan yang longsor mengancam terputusnya jalan menuju tempat pemakaman umum. 

Kejadian tanah longsor ini disinyalir merupakan akibat dari hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda ketiga daerah tersebut sejak pukul 14.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB. 

Untuk menunjang evakuasi tanah longsor tersebut, terdapat kebutuhan darurat seperti logistik dan material bangunan untuk membantu warga yang terdampak.

Update terbaru dari proses evakuasi tanah longsor di Desa Kertawirama, Kec. Nusaherang, masyarakat bersama aparat desa, aparat kecamatan, TNI, POLRI dan BPBD telah melaksanakan pembersihan material longsor.

BACA JUGA:Jangan Salah! Apakah Kucing Buta Warna? Ternyata Mata Kucing Cuma Bisa Melihat 3 Warna Ini

Didukung dengan cuaca cerah, harapannya proses pembersihan material longsor tersebut berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali.

3. Desa Cimenga

Kejadian pergerakan tanah juga terjadi di Desa Cimega Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, pada hari Selasa, 5 Maret 2024, pukul 19.00 WIB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: