5 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran Sembarangan di Halaman Rumah, Ampuh dan Tanpa Kekerasan

5 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran Sembarangan di Halaman Rumah, Ampuh dan Tanpa Kekerasan

Cara mencegah kucing buang kotoran sembarangan di pekarangan rumah.-Yuda Sanjaya/Dok-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Kucing merupakan hewan yang kerap menandai teritori atau daerah kekuasaan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan kotoran maupun urine.

Namun, perilaku yang biasa ditunjukan kucing kampung atau felix silvestris ini, kerap mengganggu kenyamanan. Pasalnya, memicu munculnya bau tidak sedap.

Masalah lain adalah kotoran kucing liar di halaman rumah juga mengundang hewan lain seperti lalat, belatung dan tentunya dikhawatirkan menjadi sarang penyakit.

Oleh karena itu, ada beberapa cara mencegah agar kucing liar tidak berak sembarangan di halaman rumah. Sehingga lingkungan terhindar dari gangguan kenyamanan.

BACA JUGA:Sering Masuk Rumah, Fakta Ular Kobra: Taring 15 MM, Jankauan Semburan Bisa Tembus Jarak 3 Meter

Dilansir dari A-Z Animals, kotoran kucing memang berisiko mengundang penyakit karena ada kandungan parasit, kuman hingga virus.

Paparan penyakit tersebut bergantung pada makanan yang dikonsumsi. Bila kotoran tersebut berasal dari kucing liar, tentu perlu lebih diwaspadai.

1. Taburkan aroma menyengat di halaman

Kucing termasuk kedalam hewan yang mempunyai penciuman sensitive. Aroma yang tidak disukai kucing, seperti aroma lavender, peppermint, atau kayu manis.

BACA JUGA:Cocok Buat Ngabuburit saat ramadhan, Yuk Kunjungi Wisata Religi di Masjid Al Jabbar Bandung, Ada Museum

Anda bisa menggunakan salah satu aroma tersebut dan mencampurkannya dengan air lalu semprotkan di sekitar halaman rumah.

Kemudian bisa juga menaburkan bubuk kopi. Aroma ini termasuk yang tidak disukai oleh kucing dan membuatnya menghindar.

Aroma lain yang tidak disukai adalah kapur barus dan karbol. Caranya pun mudah. Yakni dengan menggerus kapur barus, kemudian menyebarkannya di area yang sering ditempati kucing.

Namun penggunaan bahan kimia seperti kapur barus ini, tentu berisiko. Sebab, dapat menimbulkan keracunan pada kucing bila tidak sengaja tertelan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: