11 Hal Perlu Diketahui Tentang Ular, Walau Tampak Buas tapi Takut Manusia, Termasuk Satwa Nomaden

11 Hal Perlu Diketahui Tentang Ular, Walau Tampak Buas tapi Takut Manusia, Termasuk Satwa Nomaden

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang ular. -Foto via Alomedik-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Sebagian jenis ular memang termasuk binatang buas mematikan karena sebagian ular berbisa. Namun binatang ini ternyata takut bila bertemu dengan manusia.

Itulah salah satu hal tentang binatang yang tersebar luas di seluruh penjuru dunia. Masih banyak ciri lain dari satwa yang dikelompokkan dalam 1 subordo Serpente tersebut.

Ciri lain dari anggota ordo Squamata ini merupakan  salah satu reptil yang paling sukses berkembang biak. Binatang ini dapat ditemukan di semua tipe habitat.

Bukan itu saja. Ternyata ular ini termasuk satwa yang hidup berpindah-pindah tempat alias nomaden. Juga reptil ini merupakan binatang yang hidup sendiri- sendiri atau soliter.

BACA JUGA:Begini Cara Ular Puasa, Ada 5 Ciri yang Perlu Diketahui, Ada yang Mirip Puasanya Manusia

Karena itu, setidaknya ada 11 hal yang perlu diketahui tentang ular. Selain takut manusia, nomaden, tidak berkelompok, ada ular berbisa dan tidak berbisa.

Di Indonesia banyak sekali spesies ular. Sebab binatang ini memang tersebar luas di seluruh dunia. Karena satwa ini gampang berkembang biak, di mana pun berada. Di hutan, gunung, gurun, sungai, rawa dan bahkan di permukiman manusia.

Khusus yang berbisa tinggi, setidaknya ada 77 jenis spesies ular berbisa ditemukan di Indonesia. Belum yang tidak berbisa, bisa jadi jumlahnya lebih banyak lagi.

Yang miris, dari setidaknya 77 spesies ular berbisa tinggi tersebut, namun di Indonesia baru memiliki serum anti bisa ular untuk 3 spesies saja. Yakni serum ular kobra, welang dan ular tanah.

BACA JUGA:Jangan Sampe Telat! Ini 3 Tips Bangun Sahur Tepat Waktu Selama Bulan Suci Ramadan, Nomor 1 Paling Efektif

Selain ke-3 ular tersebut, serum masih harus impor dari luar negri. Karena itu dibutuhkan cara yang cepat dan tepat untuk menolong korban yang digigit ular berbisa.

Untuk itu,  ada baiknya jika mengetahui 11 hal tentang ular. Tujuannya agar tidak salah kaprah tentang satwa yang tidak berkaki dan bertubuh panjang ini. Ke-11 hal tersebut adalah:

1. Takut Manusia

Ular pada dasarnya takut pada manusia. Binatang ini tidak dengan sengaja memasuki pemukiman warga jika tidak ada mangsa di tempat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: