6 Misteri Gunung Ciremai, dari Ayam Bulu Mengkilat, Sunan Gunung Jati di Batulingga, Nyi Linggi dan Macan

6 Misteri Gunung Ciremai, dari Ayam Bulu Mengkilat, Sunan Gunung Jati di Batulingga, Nyi Linggi dan Macan

Misteri di Gunung Ciremai mulai kisah Sunan Gunung Jati hingga legenda Nyi Linggi. -Yuda Sanjaya/Dok-radarkuningan.com

Sekitar tahun 1521-1530, Sunan Gunung Jati diyakini bertapa di puncak Ciremai. 

BACA JUGA:Bukan Cuma Cantik, Ini 4 Manfaat Meletakkan Tanaman Kuping Gajah Dalam Ruangan, Bikin Rileks!

Ketika itu, Portugis begitu kuat menekan para ulama, pejuang, dan rakyat kecil. Menjelang peperangan, Sunan Gunung Jati naik ke puncak gunung tersebut konon untuk bertapa, menyendiri dan bermunajad kepada Tuhan. 

Tempat bertapa dan pertemuan para wali itu bernama Batulingga. Lokasi ini diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai tempat ngalap berkah memberi manfaat dan membantu orang-orang yang dalam kesulitan.

3. Nyi Linggi dan Macan Kumbang

Salah satu yang selalu menjadi perbincangan masyarakat sekitar Gunung Ciremai adalah misteri Nyi Linggi dan 2 macan kumbang. 

BACA JUGA:Bukan Cuma Cantik, Ini 4 Manfaat Meletakkan Tanaman Kuping Gajah Dalam Ruangan, Bikin Rileks!

Konon, setelah Sunan Gunung Jati tidak bertapa di Batulingga, maka Nyi Linggi datang ke tempat. Sosok ini menggantikan Sunan Gunung Jati di tempat yang dikeramatkan tersebut.

Namun kedatangan Nyi Linggi ke Batulingga tidak sendirian. Sosok ini ditemani 2 binatang kesayangannya yaitu macan tutul atau macan kumbang.

Kedatangan Nyi Linggi ke Batulingga ingin mendapatkan ilmu kedigdayaan. Tapi sayangnya Nyi Linggi gagal memperoleh ilmu yang diinginkan. 

Nyi Linggi meninggal dunia di Batulingga. Sementara 2 temannya yaitu macan tutul hilang yang tidak diketahui tempatnya. Ada anggapan jika masyarakat setempat menemukan mayat Nyi Linggi. 

BACA JUGA:Populer Dikalangan Pecinta Kucing, Inilah 3 Merk Makanan kucing Murah dengan Kualitas Terbaik!

Kejadian aneh sering terjadi di sekitar Batulingga. Sosok Nyi Linggi dan 2 macan tutul mistis itu, sering menampakkan diri.

4. Dihuni Manusia Purba

Gunung Ciremai sejak ribuan tahun silam telah dihuni oleh manusia purba. Masyarakat Kuningan dan sekitarnya, terutamamereka yang hidup di kawasan kaki Gunung Ciremai, merasa bangga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: