Mengenal Kucing Besar Endemik, Ini 3 Perbedaan Harimau Jawa dan Sumatra yang Perlu Diketahui

Mengenal Kucing Besar Endemik, Ini 3 Perbedaan Harimau Jawa dan Sumatra yang Perlu Diketahui

Mengenal Kucing Besar Endemik, Ini 3 Perbedaan Harimau Jawa dan Sumatra yang Perlu Diketahui-ist/radarkuningan.com-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Mustinya kalian sudah tahu bukan ada dua jenis kucing besa di Indonesia yang keberadaannya sudah terancam punah, yaitu harimau jawa dan harimau Sumatra.

Tapi tahukah kalian apa perbedaan harimau Jawa dan Sumatra? Meskipun identik, namun keduanya memiliki karakteristik masing-masing.

Kucing besar ini tersebar di seluruh Asia, dan mereka memiliki tubuh yang kuat engan ciri khas garis-haris pada tubuhnya.

Meskipun predator satu ini dikenal berbahaya dan mengancam keselamatan manusia, namun keberadaannya sendiri sudah terbilang langka dan jadi hewan yang harus dilindungi, khususnya harimau Jawa dan Sumatra.

BACA JUGA:Sebelum Hasil Tes DNA, Peneliti Ini Sudah Dapat Foto Harimau Jawa Sejak Lama

BACA JUGA:Bukan Cuman Harimau Jawa! 3 Hewan Endemik di Indonesia Ini Kembali Ditemukan Setelah Dinyatakan Punah

Kedua jenis harimau tersebut merupakan hewan endemik Indonesia yang perlu dijaga kelestariannya, demi menjaga keragaman hewani di Indonesia.

Bahkan untuk Harimau Jawa sendiri sudah pernah dinyatakan punah pada tahun 1980-an, dan baru-baru ini keberadaannya baru saja ditemukan kembali di Sukabumi, Jawa Barat.

Nah, untuk kalian yang masih belum tahu apa perbedaan harimau Jawa dan Sumatra, berikut ini adalah artikel yang akan membahas lengkap seputarnya.

3 Perbedaan Harimau Jawa dan Sumatra

1. Corak Tubuh 

Warna tubuh adalah perbedaan pertama yang paling mencolok antara harimau sumatra dan harimau jawa. Tubuh harimau jawa lebih terang daripada harimau sumatra. 

BACA JUGA:Puluhan Tahun Dinyatakan Punah, Harimau Jawa Terdeteksi di Sukabumi Lewat Rambut

BACA JUGA:Harimau Jawa Sudah Divonis Punah, Tapi Banyak Saksi Masih Melihat, Termasuk di Kuningan

Warna dominan oranye dikombinasikan dengan corak hitam yang khas adalah ciri umum harimau sumatra. 

Jika teman-teman melihat harimau sumatra, mereka biasanya memiliki warna hitam pada tubuhnya yang lebar, dengan jarak yang rapat dan rapat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: