Punah Karena Perburuan Liar, Ini Fakta Harimau Bali Yang Wajib Kamu Ketahui! Simak Penjelasannya

Punah Karena Perburuan Liar, Ini Fakta Harimau Bali Yang Wajib Kamu Ketahui! Simak Penjelasannya

Ini Fakta Harimau Bali Yang Harus Kamu Ketahui!-Stockvault-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Jagat maya tidak lama ini dihebohkan dengan penemuan bulu Harimau Jawa yang sudah dinyatakan punah dari keberadaannya, baik di alam liar, maupun situs-situs konservasi hewan seperti kebun binatang dan situs konservasi lainnya. 

Selain Harimau Jawa, masih ada satu lagi spesies harimau endemik asli Indonesia yang keberadaannya telah dinyatakan punah dari peradaban dan tidak telah dinyatakan tidak ada satu spesies-pun yang tersisa. 

Harimau asli Indonesia tersebut adalah Harimau Bali. Harimau Bali merupakan salah satu jenis harimau endemik yang mana seperti namanya, berasal asli dari kepulauan di Indonesia, dan memiliki peta persebaran khusus hanya di Indonesia. 

Meski telah dinyatakan punah, namun Harimau Bali masih menjadi salah satu dari banyaknya spesies endemik Indonesia yang menjadi kebanggaan. Mengingat hal tersebut, berikut ini adalah fakta menarik tentang Harimau Bali yang telah punah ini, berikut penjelasannya. 

BACA JUGA:Diberikan Hadiah dan Diikuti Kucing Peliharaan Menjadi Pertanda Apa? Inilah Alasan Kucing yang Sayang Pemilik

Telah Punah Sejak Tahun 2008 

Siapa sangka? ternyata Harimau Bali ternyata telah dinyatakan punah sejak tahun 2008. Hal ini diperkuat dengan adanya data yang menunjukkan bahwa satu-satunya spesies harimau di Indonesia hanya tinggal tersisa Harimau Sumatera. 

Harimau Sumatera sendiri sudah berstatus terancam punah, yang mana jika faktor yang menyebabkan kepunahan terhadap Harimau Bali yaitu perburuan liar tetap dibiarkan, maka hanya tinggal menunggu waktu untuk Harimau Sumatera menyusul Harimau Bali menuju kepunahan.

Tercatat hingga tahun 2024 saat ini belum ditemukan satupun bukti yang menyatakan Harimau Bali masih eksis dan berkembang biak di Kepulauan Bali, maupun alam liar yang tentunya sama-sama kita ketahui sebagai habitat primer dari Harimau asli Indonesia ini.

BACA JUGA:7 Makanan Buka Puasa yang Rendah Kolesterol, Cocok untuk Anda yang Sedang Diet

Punah Karena Perburuan Liar Yang Semakin Marak

Sudah menjadi sebuah rahasia umum, bahwa salah satu faktor yang paling dominan dalam kasus kepunahan satwa khas Indonesia adalah maraknya perburuan liar yang tidak terkendali. Hal ini sudah menjadi hal yang lumrah dan dianggap biasa saja, dimana masih kurangnya ketegasan pemerintahan dalam menanggapi hal ini.

Seperti yang kita ketahui, alam liar merupakan zona teritorial hewan buas yang mana tidak ada sedikitpun pengawasan manusia di dalamnya. Tidak heran jika beberapa hutan yang belum termasuk sebagai hutan konservasi sering ditemukan perburan liar, yang menjadi salah satu penyebab kepunahan Harimau Bali.

Sebagai seorang masyarakat, kita tentunya berkewajiban untuk tetap mengkampanyekan hal ini, demi menjaga spesies asli Indonesia tetap hidup, dan tidak bernasib sama seperti Harimau Bali yang harus menemui kepunahan akibat ulah serakah manusia-manusia yang sama sekali tidak bertanggung jawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: