Pernah Lihat Kucing Ini di Hutan? Inilah Kucing Kuwuk, Yuk Kenali Beberapa Fakta Menariknya!

Pernah Lihat Kucing Ini di Hutan? Inilah Kucing Kuwuk, Yuk Kenali Beberapa Fakta Menariknya!

fakta menarik kucing kuwuk-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Kucing kuwuk, atau dikenal juga sebagai leopard cat, adalah salah satu spesies Kucing liar yang memiliki penyebaran yang sangat luas di dunia.

Mereka termasuk dalam famili Felidae dengan nama ilmiah Prionailurus bengalensis. Dengan panjang tubuh berkisar antara 39 hingga 66 cm, tinggi mencapai 41 cm, dan berat sekitar 0.6 hingga 3.8 kg.

Kucing kuwuk hadir memiliki variasi warna bulu, yang sangat dipengaruhi oleh habitat dan kondisi lingkungan di mana mereka tinggal.

Kucing kuwuk yang berada di bagian utara seringkali memiliki berat badan yang lebih tinggi, bulu yang lebih panjang, dan warna yang lebih pucat.

BACA JUGA:Temuan DNA dan Juga Adanya Laporan Warga, Inilah Penampakan Harimau Jawa Terbaru yang Sudah Punah

Di sisi lain, mereka yang hidup di lingkungan bersalju cenderung memiliki bulu yang lebih terang, berbeda dengan kucing kuwuk yang mendiami hutan, yang seringkali memiliki bulu berwarna cokelat gelap.

Mari kita telusuri lebih dalam mengenai fakta-fakta menarik tentang kucing kuwuk ini.

Penyebaran Habitat Kucing Kuwuk

Kucing kuwuk cenderung memilih habitat-habitat seperti semak belukar, padang rumput, hutan konifer, serta hutan tropis dan subtropis.

Mereka tersebar luas di wilayah Asia Selatan dan Timur. Wilayah penyebaran alami kucing kuwuk meliputi lintang dari wilayah Amur di timur jauh Rusia, merambah ke arah Tiongkok di tenggara, melintasi Semenanjung Korea, dan meluas hingga ke Indochina, bahkan mencapai Filipina dan Sunda di Indonesia.

Selain itu, kucing ini juga dapat ditemui di anak benua India dan bagian utara Pakistan.

BACA JUGA:Beginilah Kisah Harimau Jawa Terakhir Sebelum Dinyatakan Punah Puluhan Tahun yang Lalu

Kehidupan Soliter

Seperti kebanyakan kucing liar, kucing kuwuk cenderung hidup menyendiri. Mereka aktif berburu pada malam hari, menjelajahi wilayah mereka untuk mencari mangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: