Kisah Curug Sidomba, Ditemukan Sekelompok Pelajar SMP saat Hiking, Dulunya Tempat Pemandian Domba

Kisah Curug Sidomba, Ditemukan Sekelompok Pelajar SMP saat Hiking, Dulunya Tempat Pemandian Domba

Kisah Curug Sidomba yang ditemukan pelajar SMP dan kini menjadi objek wisata di Kabupaten Kuningan.-Hendra SPd - Tangkapan layar-radarkuningan.com

BACA JUGA:Mau Pelihara Anabul tapi Takut Bau? Inilah 7 Cara Memelihara Kucing agar Tidak Bau di Rumahnya!

Air terjun di curug ini sangat jernih, dingin dan segar. Bersumber dari mata air Gunung Ciremai. Banyak jenis ikan hidup di dalam air ini. Termasuk ikan mas dan ikan Kancra Bodas.

Khusus ikan Kancra Bodas, termasuk unik. Makhluk air yang dijuluki Ikan Dewa ini menghilang dan tidak ditemukan, ketika kolam di dekat air terjun itu dikuras.

Ada pantangan yang harus ditaati saat berkunjung ke Curug Sidomba. Di antaranya, pengunjung tidak diperbolehkan memberi makan atau memancing ikan di area tersebut. 

Juga, tidak diperbolehkan berkata kasar. Jika dua hal itu dilanggar, banyak yang percaya akan mendapat balasan langsung dari perbuatan yang dilarang tersebut.

BACA JUGA:Jalan Cipasung - Subang Sempat Longsor, Perlu 2 Hari Keruk Material Tanah yang Timbun Badan Jalan

Banyak daya tarik di objek wisata ini. Di antaranya ada sebuah masjid megah dengan satu menara Asma’ul Husna. 

Untuk menuju menara itu, pengunjung harus melalui 99 anak tangga. Dari menara itu, wisatawan bisa menikmati bentangan keindahan alam di kaki Gunung Ciremai. 

Selain itu, di objek wisata yang cukup luas ini ada banyak bagian yang bisa dikunjungi. Selain Curug Sidomba, juga ada area outbond anak, flying fox dan kolam renang. 

Ada lagi berbagai koleksi hewan. Seperti domba, monyet, dan beberapa jenis burung. Jadi tempat ini memang cocok untuk dijadikan tujuan wisata keluarga.

BACA JUGA:6 Cara Merawat Tanaman Kuping Gajah Agar Tidak Mudah Layu, Begini Caranya!

Sekarang, Sidomba sudah menjadi objek wisata modern dan ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan. Tempat ini juga menjadi lokasi perkemahan pelajar, baik dari Kuningan maupun daerah lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: