Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Harimau Siberia dan Juga Harimau Bengal yang Perlu Anda Ketahui

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Harimau Siberia dan Juga Harimau Bengal yang Perlu Anda Ketahui

perbedaan harimau siberia dan harimau bengal-Foto by Radarkuningan.com-radarkuningan.disway.id

Pada kedua spesies, harimau jantan jauh lebih berat dari pada harimau betina. Namun, tidak peduli jenis kelaminnya, harimau Siberia cenderung lebih berat dan lebih besar dari harimau Bengal.

Harimau Siberia bisa tumbuh panjang antara 7 hingga 12 kaki, sementara harimau Bengal tumbuh rata-rata antara 6-10 kaki.

Selain itu, harimau Bengal memiliki berat sedikit lebih ringan dari harimau Siberia; namun, kedua kucing besar ini dapat mencapai lebih dari 600 pon, bahkan bisa lebih berat lagi.

BACA JUGA:Inilah Ciri Harimau Jawa Asli yang Sudah Puluhan Tahun Dinyatakan Punah

Habitat

Ini mungkin disebabkan oleh perbedaan habitat dan lokasi liar yang mereka sukai. Harimau Siberia tinggal di iklim yang jauh lebih dingin, yang berarti cadangan lemak mereka jauh lebih besar daripada harimau Bengal.

Perbedaan lain antara harimau Bengal dan harimau Siberia adalah lokasi di mana mereka ditemukan. Harimau Siberia ditemukan di iklim dingin Rusia Timur, utara Cina, dan Korea.

Sementara itu harimau Bengal ditemukan di seluruh bagian India. Anda juga mungkin dapat menemukan harimau Bengal liar di bagian-bagian Thailand, Cina, dan sekitarnya.

Iklim

Seperti yang sudah kita sebutkan, iklim yang disukai oleh harimau Siberia dan harimau Bengal sangat berbeda.

Dua kucing besar ini mungkin terlihat serupa, tetapi preferensi mereka benar-benar berbeda dalam hal lingkungan hidup.

BACA JUGA:Kerabat Harimau Jawa, Inilah Fakta Menarik Harimau Indochina yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai contoh, harimau Siberia tinggal di hutan atau tundra yang dingin dan bersalju, sementara harimau Bengal jauh lebih menyukai lokasi yang lembap dan basah seperti hutan-hutan gugur.

Preferensi iklim antara kedua harimau ini sangat memengaruhi penampilan dan diet mereka juga. Mengingat habitat spesifik tempat kucing-kucing ini tinggal, mangsanya sangat berbeda meskipun keduanya adalah pemakan daging.

Sebagai contoh, harimau Siberia memakan spesies rusa yang lebih kecil tetapi juga spesies rusa besar, sementara harimau Bengal cenderung memakan spesies rusa yang lebih kecil hanya ditemukan di India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: