Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Harimau Siberia dan Juga Harimau Bengal yang Perlu Anda Ketahui

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Harimau Siberia dan Juga Harimau Bengal yang Perlu Anda Ketahui

perbedaan harimau siberia dan harimau bengal-Foto by Radarkuningan.com-radarkuningan.disway.id

Penampilan

Perbedaan kunci lain antara harimau Bengal dan harimau Siberia terletak pada penampilannya. Harimau Siberia memiliki mantel berwarna lebih terang dibandingkan dengan harimau Bengal.

Ini sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa harimau Siberia tinggal di salju dan es sebagian besar tahun, sehingga mereka memiliki mantel oranye kemerahan yang terang dengan garis-garis cokelat untuk mengimbangi ini.

BACA JUGA:Taman Nasional Gunung Ciremai dan Harimau Jawa: Sebuah Perpaduan Keindahan Alam dan Perjuangan Konservasi

Harimau Bengal memiliki garis-garis hitam dan mantel kuning kecokelatan yang lebih gelap sebagai kontras, sempurna untuk habitat mereka di India.

Anda juga mungkin melihat perbedaan dalam penampilan kedua kucing ini berdasarkan jumlah lemak yang disimpan di tubuh mereka.

Sebagai contoh, harimau Siberia memiliki kantong lemak ekstrem di sisi dan perut mereka, sementara harimau Bengal menjaga postur tubuh yang ramping.

Hal ini karena harimau Siberia menghadapi suhu yang jauh lebih dingin daripada harimau Bengal dan mereka membutuhkan penyimpanan lemak tambahan.

BACA JUGA:Harimau Jawa Terlihat Jelas Tahun 2002, Ingin Terkam Pendaki Gunung Ciremai, Tinggal Berjarak 3-4 Meter

Status Terancam Punah

Perbedaan terakhir antara harimau Siberia dan harimau Bengal adalah kelangkaan dan status terancam punah mereka.

Diperkirakan bahwa kurang dari 600 harimau Siberia ada di alam liar saat ini, sementara para ahli memperkirakan bahwa ada lebih dari 3500 harimau Bengal di alam liar saat ini.

Meskipun kedua angka ini sangat rendah dalam skema besar suatu spesies, harimau Siberia jauh lebih langka daripada harimau Bengal.

Ini mungkin karena perburuan ilegal. Namun, harimau Siberia juga mungkin mengalami penurunan populasi yang lebih besar berdasarkan perubahan iklim dan perusakan habitat alami mereka oleh manusia juga.

BACA JUGA:Bunuh 5 Orang Warga Kuningan, Harimau Jawa Gunung Ciremai Ini Ditembak Mati, Tersisa Tinggal Kepala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: