Macan Tutul Jawa Tersebar di 4 Pulau, Sangat Adaptif, Bisa Hidup di Dataran Rendah hingga Pengunungan

Macan Tutul Jawa Tersebar di 4 Pulau, Sangat Adaptif, Bisa Hidup di Dataran Rendah hingga Pengunungan

Habitat macan tutul Jawa tersebar di 4 pulau. -KSDAE-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ada 4 Pulau di Indonesia yang menjadi habitat macan tutul Jawa. Satwa ini terkenal adaptif. Bisa hidup di dataran rendah hingga ke pegunungan.

Satwa yang sering disebut Panthera pardus melas Cuvier ini, tinggal di 4 pulau. Bukan hanya Pulau Jawa saja, tetapi juga hidup di beberapa pulau kecil di sekitar pulau terpadat di Indonesia ini.

Namun, sebagain besar macan tutul Jawa memang hidup di Pulau Jawa. Selain itu juga memiliki habitat di Pulau Kangean, Pulau Nusakambangan dan Pulau Sempu.

Pulau Kangean sebenarnya lebih tepat jika disebut kepulauan. Nama ini merupakan istilah kolektif beberapa pulau. Hanya wilayah Pulau Kangean merupakan pulau utama.

BACA JUGA:Rekor Mengerikan Uzbekistan, Lawan Timnas Indonesia U-23 di Semifinal: Belum Pernah Kebobolan

Gugusan pulau-pulau ini berada di sekitar utara Laut Bali. Atau di sebelah barat laut gugusan Nusa Tenggara. Dari Denpasar, ibukota Provinsi Bali, jaraknya sekitar 120 km.

Sementara Pulau Nusakambangan letaknya di Jawa Tengah. Tepatnya bersebelahan dengan Kabupaten Cilacap. Berbatasan langsung dengan Samudera India.

Nama Pulau Nusakambangan memang sangat populer. Walau pulau kecil, namun tempat ini menjadi  lokasi lembaga pemasyarakatan (lapas) atau penjara para penjahat kelas kakap.

Sementara Pulau Sempu yang menjadi habitat macan tutul Jawa, terletak di sebelah selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

BACA JUGA:Selain Pembawa Keberuntungan, Ikan Louhan Juga Memiliki Beberapa Mitos Lainnya

Pulau ini merupakan cagar alam yang tidak boleh dikunjungi, kecuali untuk pendidikan dan penelitian.

Di pulau-pulau tersebut, satwa langka ini menempati habitat dengan toleransi yang tinggi. Terutama terhadap iklim dan makanan.

Di Jawa Tengah, misalnya, macan tutul jawa hidup di berbagai jenis hutan. Dari hutan jati, hutan pinus, hutan tanaman campuran serta hutan alam. Juga bisa adaptif di dataran rendah dan pegunungan.

Ada sebuah penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang karakteristik habitat macan tutul Jawa. Terutama yang memiliki habitat di  hutan pinus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: