Macan Tutul Jawa Tersebar di 4 Pulau, Sangat Adaptif, Bisa Hidup di Dataran Rendah hingga Pengunungan

Macan Tutul Jawa Tersebar di 4 Pulau, Sangat Adaptif, Bisa Hidup di Dataran Rendah hingga Pengunungan

Habitat macan tutul Jawa tersebar di 4 pulau. -KSDAE-radarkuningan.com

BACA JUGA:Melihat Penerbangan Acep Purnama ke RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Dilepas dengan Alfatihah

Selain kontur dan kondisi wilayahnya, penelitian itu juga bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Termasuk ancamannya, terutama yang bersumber dari fragmentasi hutan.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hutan pinus merupakan habitat penting bagi macan tutul jawa di Jawa Tengah. Karena hutan jenis ini memiliki luasan terbesar kedua. Luasnya mencapai 36,3 persen.

Dari total hutan yang ada di Jawa Tengah, hutan pinus hanya kalah dengan hutan jati yang memiliki luas sekitar 55,3 persen.

Lalu berapa persen macan tutul ini yang tinggal di hutan pinus? Dari penelitian menunjukkan, 43,8 persen satwa ini memiliki habitat di hutan pinus. Jumlah ini lumayan tinggi dibandingkan dengan habitat di tipe hutan lainnya.

BACA JUGA:Buat Kecoak Kapok, Ini Dia 6 Aroma Alami Pengusir Kecoak Dari Rumah, Ternyata Menggunakan Bumbu Dapur!

Sebagian besar macan tutul Jawa di hutan pinus ini menempati wilayah yang cukup tinggi. Rata-rata pada ketinggian lebih dari 500 meter dari permukaan laut (mdpl).

Selain itu, satwa ini senang menempati hutan yang beriklim basah (A dan B). Juga dengan topografi alam yang lebih dari 60 persen curam sampai sangat curam.

Habitat macan tutul Jawa di hutan pinus pada umumnya merupakan hutan lindung. Atau setidak-tidaknya tempat yang berbatasan dengan hutan lindung.

Misalnya, satwa ini di Jawa Tengah banyak dijumpai di hutan pinus KPH Pekalongan Barat, Banyumas Barat dan Banyumas Timur.

BACA JUGA:Arab Saudi Tersingkir, Indonesia Ditantang Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Karena di tempat-tempat tersebut memiliki satwa mangsa utama primata dan ungulata. Selain itu juga melimpah ketersediaan air sepanjang tahun.

Di habitat hutan pinus, ancaman utama macan tutul Jawa adalah terisolasi di habitat yang kecil. Terutama akibat fragmentasi hutan oleh pemukiman, lahan pertanian, jalan raya, rel kereta api dan sungai besar.

Itulah habitat macan tutul yang tinggal di Pulau Jawa dan beberapa pulau di sekitarnya. Ternyata hutan pinus merupakan tempat favorit satwa yang satu ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: