Ternyata Ini Alasan Kenapa Tikus Identik dengan Korupsi, Tikus Berdasi Jadi Analogi Koruptor

Ternyata Ini Alasan Kenapa Tikus Identik dengan Korupsi, Tikus Berdasi Jadi Analogi Koruptor

Ternyata Ini Alasan Kenapa Tikus Identik dengan Korupsi, Tikus Berdasi Jadi Analogi Koruptor-ist: (Pixabay/phisigma)-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Kita sudah familiar dengan tindakan korupsi yang diibaratkan dengan hewan pengerat tikus, tapi kenapa tikus identik dengan korupsi?

Seperti yang kita tahu tikus adalah hewan pengerat yang dianggap sebagai hama karena sifat merusaknya dan juga kebiasaannya yang suka menyebarkan penyakit.

Sedangkan secara definisi, korupsi sendiri adalah bentuk penyelewangan atau ketidakjujuran yang termasuk dalam tindak pidana yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi yang dipercayakan suatu jabatan kekuasaan.

Untuk memperoleh keuntungan yang haram atau penyalahgunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi.

BACA JUGA:Como 1907 Promosi ke Seri A, Sandy Walsh Dispekulasikan Gabung Gegara Postingan Ini, Benarkah?

BACA JUGA:Hewan Pengerat yang Suka Merusak, 5 Alasan Kenapa Tikus Dianggap Sebagai Hama

Dari hal ini, memang secara umum keduanya memiliki kesamaan dalam yang merupakan mendatangkan kerugian bagi manusia.

Tapi ternyata alasan kenapa tikus identic dengan korupsi ini jauh lebih lekat lagi, lho. Mau tahu kenapa tindakan korupsi identik dengan hewan pengerat satu ini? Berikut ini adalah penjelasannya.

Alasan Kenapa Tikus Identik Dengan Korupsi

Dalam Jurnal Seni Rupa yang berjudul “Fenomena Korupsi: Tikus Sebagai Insiprasi Lusik”  diterbitkan pada 2021 ini menjelaskan tentang kenapa tindakankorupsi diibaratkan dengan hewan pengerat tikus.

Hewan pengerat ini adalah jenis hama yang sangat mengganggu tanaman dan sulit dikendalikan karena mereka dapat belajar dari tindakan sebelumnya. 

BACA JUGA:Buat Tikus Pusing Dan Kabur! Inilah 5 Aroma Alami Yang Tidak Disukai Tikus

BACA JUGA:Aroma Wanginya Bikin Tikus Pusing, Ini Dia 5 Bau Harum Yang Tidak Disukai Tikus

Dari jenis tikus yang telah diuraikan di atas, jenis tikus apa pun yang akan dibahas dalam seni lukis nantinya akan terdiri dari semua jenis tikus yang ada. Karena semua jenis tikus memiliki kesamaan, mendatangkan kerugian.

Kata corruptus itu sendiri berasal dari kata dasar corrumpere, yang tersusun dari kata com yang berarti menyeluruh dan rumpere yang berarti merusak secara total kepercayaan khalayak kepada si pelaku yang tak jujur itu. (Jhon Echol dan Hassan Shadily, 2003: 149).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: