Ternyata Ini Alasan Kenapa Tikus Identik dengan Korupsi, Tikus Berdasi Jadi Analogi Koruptor

Ternyata Ini Alasan Kenapa Tikus Identik dengan Korupsi, Tikus Berdasi Jadi Analogi Koruptor

Ternyata Ini Alasan Kenapa Tikus Identik dengan Korupsi, Tikus Berdasi Jadi Analogi Koruptor-ist: (Pixabay/phisigma)-radarkuningan.com

Korupsi berakibat sangat berbahaya bagi kehidupan manusia, baik aspek kehidupan sosial, politik, birokrasi, dan ekonomi (Leff, dkk., 2003: 50). Bahaya korupsi bagi kehidupan diibaratkan seperti kanker dalam darah, sehingga si empunya badan harus selalu melakukan “cuci darah” terus menerus jika ia menginginkan dapat hidup terus (Abbas, 1975: 10). 

Akibatnya, korupsi sulit untuk diberantas secara maksimal. Perilaku korupsi sangat merugikan bangsa dan negara. 

BACA JUGA:Aman Dari Gigitan Nyamuk! Berikut 6 Rekomendasi Obat Nyamuk Ampuh Membasmi

BACA JUGA:Baunya Bikin Tikus Gak Tahan Lagi, Ini Dia 6 Aroma Wangi Yang Dibenci Tikus, Cocok Usir Tikus Dari Rumah!

Hal tersebut berdampak pada perekonomian masyarakat, sehingga angka kemiskinan kian bertambah. Koruptor seolah-olah tidak peduli dengan semua itu. 

Mereka hanya sibuk memperkaya diri sendiri. Mulai dari lembaga tertinggi negara, anggota dewan sampai ke pemerintahan di desa-desa melakukan praktik korupsi. 

Adapun hak yang seharusnya dimiliki rakyat dialihfungsikan menjadi hak pribadi. Akibat sikap serakah tersebut masyarakat dan negara menjadi rugi. 

Sikap serakah, egois, dan mementingkan diri sendiri sama halnya dengan sikap seekor tikus. Oleh sebab itu, koruptor sering dianalogikan dengan seekor tikus. 

BACA JUGA:Ketahui 5 Hewan Yang Ditakuti Nyamuk, Tips Mengusir Nyamuk Tanpa Capek

BACA JUGA:Tikus Pusing karena Baunya, Ini 6 Cara Mengusir Tikus Menggunakan Cabai Dengan Ampuh

Bahkan hingga sekarang ungkapan tersebut masih dipakai hingga sekarang karena lekatnya hubungan diantara kedua hal tersebut.

Dan itulah tadi penjelasan tentang kenapa tikus identic dengan korupsi yang merupakan tindak pidana merugikan masyarakat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: