Tekanan Darah di Atas 140 Terus Menerus, Awas Komplikasi Gagal Ginjal, Stroke, Serangan Jantung

Tekanan Darah di Atas 140 Terus Menerus, Awas Komplikasi Gagal Ginjal, Stroke, Serangan Jantung

Tekanan darah di atas 140 secara terus menerus merupakan indikasi hipertensi dan dapat mengarah pada komplikasi bila tidak ditangani.-Foto via Pemkab Lamongan - tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Tekanan darah di atas 140 secara konstan, bisa menjadi indikasi hipertensi dan merembet pada komplikasi penyakit degeneratif seperti gagal ginjal hingga stroke.

Pasalnya, bila seseorang memiliki tekanan darah di atas 140/80 secara konstan atau terus menerus, indikasinya adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Untuk mencegah komplikasi yang lebih berbahaya, disarankan agar segera melakukan pengobatan.

Pasalnya, seringkali hipertensi diremehkan. Terutama bila seseorang merasa baik-baik saja, tanpa gejala apapun meski tekanan darah ada pada kategori tinggi.

BACA JUGA:Jadwal Bioskop Cirebon CSB Mall Hari Ini, Kamis 16 Mei 2024, Ada Banyak Genre Film yang Sedang Tayang

Internist Konsultan Ginjal Hipertensi, dr Decsa Medika Hertanto menjelaskan, masyarakat tidak boleh meremehkan tekanan darah yang di atas normal.

"Please banget jangan meremehkan tekanan darah di atas 140, bawahnya 80," kata dr Decsa.

Menurut dia, dalam satu bulan ini ada pasien dengan usia 30 - 40 tahun sudah mengalami gagal ginjal, karena tensi konstan di atas 140.

Bahkan ada yang usianya baru 28 tahun sudah terkena gagal ginjal karena kasus serupa.

BACA JUGA:Jadwal Bioskop Cirebon Grage Mall Hari Ini, Kamis 16 Mei 2024

"Jika tekanan darah konstan di atas 140/80 terus menerus, itu bikin potensi serangan jantung, gagal ginjal, stroke, meningkat berkali-kali lipat," katanya.

Lalu, bagaimana dengan orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, tetapi tidak merasakan keluhan apa-apa.

Bahkan terbiasa dengan kondisi tensi yang tinggi di atas 140 maupun 150.

"Memang hipertensi itu tidak ada keluhan pada awalnya. Jika sudah ada keluhan, sesak, ngos-ngosan, mual, muntah, jangan-jangan sudah ada komplikasi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: