Apa Itu Pestisida? Dan Apa Fungsi Serta Kegunaannya Untuk Tanaman? Begini Penjelasannya

Apa Itu Pestisida? Dan Apa Fungsi Serta Kegunaannya Untuk Tanaman? Begini Penjelasannya

Apa Itu Pestisida? Berikut Penjelasannya! -Pixabay-Radarkuningan.com

BACA JUGA:Bobotoh Kuningan Gelar Nobar Persib Bandung vs Madura United Leg 1

Digunakan untuk beberapa fungsi, seperti memberantas dan mencegah hama-hama penyakit yang merusak tanaman, dan bagian-bagian tanaman, atau hasil-hasil pertanian.

Pada intinya, pestisida adalah racun yang digunakan untuk membasmi hama pada tanaman. Karena racun, jadi pestisida tidak sembarangan dapat digunakan.

Fungsi Dan Kegunaan Pestisida

Bila kita merujuk kepada Undang-Undang, maka pestisida pada dasarnya pestisida adalah bahan kimia, yang digunakan untuk membasmi hama.

BACA JUGA:Olah TKP Kasus Pembunuhan Hansip di Darma Kuningan Jadi Tontonan Ratusan Warga

Menurut Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1973, Pengertian pestisida adalah semua bahan kimia atau bahan lain serta mikroorganisme dan virus yang digunakan untuk membasmi atau mencegah hama, dan penyakit yang merusak tanaman atau hasil pertanian.

Dari sini, sudah jelas kegunaan pestisida sebagai alat dan media untuk membasmi dan mencegah hama pada tanaman. Baik tanaman untuk kesenangan, maupun untuk bertani.

Karena pestisida merupakan zat beracun, pastikan untuk membaca panduan penggunaan. Biasanya panduan penggunaan akan diberikan, saat pemilik tanaman membeli zat pestisida. 

Jangan lupa, untuk tidak terlalu sering menggunakan pestisida. Jika menggunakan pestisida terlalu sering, karena jika menggunakannya terlalu sering, dampaknya juga buruk untuk tanaman.

BACA JUGA:Kirab Pancasila 2024, Bendera Merah Putih 300 Meter Dibentangkan di Jakarta

Itulah penjelasan dan pembahasan singkat mengenai apa itu pestisida. Informasi ini, tentunya akan membantumu merawat tanaman dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: