Nusa Munjul Goong, Pulau Kecil dan Unik di Tengah Waduk Darma, Berasal dari Nama Alat Musik Tradisional

Nusa Munjul Goong, Pulau Kecil dan Unik di Tengah Waduk Darma, Berasal dari Nama Alat Musik Tradisional

Pulau Nusa Munjul Goong di Waduk Darma, Kabupaten Kuningan.-Disparbud Jabar - Tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Jika dilihat dari tepian, ada penampakan unik di tengah Waduk Darma yang berada di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan,

Penampakan tersebut berupa sebuah pulau kecil. Oleh warga setempat diberi nama pulau Nusa Munjul Goong.

Konon nama itu diambil dari salah satu suara alat musik tradisional yang sering terdengar di pulau kecil nan unik tersebut. Suara itu berupa bunyi gong sering didengar oleh masyarakat sekitar.

Karena itu, warga setempat pun menamai pulau tersebut sebagai Nusa Munjul Goong. Artinya, suara gong yang sering terdengar di tanah yang tidak terendam oleh air waduk.

BACA JUGA:5 Cara Mencegah Ular Masuk Rumah, Simpel dan Efektif! Salah satunya Bisa Pakai Cara Alami

Sekarang tempat ini justru bisa memperindah waduk yang berada di tepi jalan raya utama Cirebon - Ciamis ini. Banyak pengunjung yang menjadikan pulau kecil ini sebagai latar belakang jika sedang berswafoto.

Juga banyak pula pengunjung yang dengan sengaja mengelilingi pulau itu dengan menyewa sampan. Terutama bagi mereka yang penasaran dengan dataran meninggi yang ada di tengah waduk tersebut.

Seperti diketahui, Waduk Darma adalah salah satu bendungan yang berada di Kecamatan Darma. Waduk ini letaknya di sebelah barat daya Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Waduk yang rencana pembangunannya sudah sekak zaman Belanda ini, dikelilingi oleh bukit dan lembah. Sementara luas genangan airnya mencapai 437 hektar.

BACA JUGA:Kucing Mulai Menua? Apa Perawatan Kucing Tua yang Perlu Disiapkan? Berikut Diantaranya

Waduk ini fungsi utamanya sebagai bendungan untuk mengaliri persawahan yang ada di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cirebon. Ribuan hektar sawah di kedua kabupaten tersebut sangat tergantung kepada waduk ini.

Waduk ini juga menjadi sumber air bersih yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kemuning. Air dari waduk ini sebagain digunakan untuk memenuhi kebutuhan minum, mandi dan cuci masyarakat Kuningan.

Selain itu, waduk ini juga sudah menjadi objek wisata terpopuler di kabupaten yang berada di kaki Gunung Ciremai ini. Warga setempat dan luar kota, menjadikan waduk ini sebagai tujuan berwisata.

Objek wisata utama di waduk ini berada di Desa Jagara, Kecamatan Darma. Di lokasi inilah selalu dipadati pengunjung. Terutama saat akhir pekan atau libur panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: