Tanaman Janda Bolong Ternyata Bisa Tumbuh di Air, Ini Dia Caranya!

Tanaman Janda Bolong Ternyata Bisa Tumbuh di Air, Ini Dia Caranya!

Tanaman hias (janda bolong)-RADARKUNINGAN.COM-Popbela.com-tangkapan layar

RADARKUNINGAN.COMTanaman janda bolong hingga saat ini juga masih jadi Tanaman hias favorit untuk mempercantik rumah.

Bukan cuma tumbuh di tanah, tanaman hias janda bolong juga bisa tumbuh dengan media taman air.

Lalu mengapa tanaman ini disebut Janda bolong? Menurut Peneliti LIPI Yuzammi menjelaskan asal nama tanaman janda bolong sebenarnya berasal dari masyarakat Jawa.

Dalam bahasa Jawa, tanaman ini disebut ron phodo bolong yang artinya daun pada bolong. Saat disingkat atau diucapkan cepat, nama ini jadi terdengar seperti rondho bolong yang artinya janda bolong.

BACA JUGA:3 Pemain Asing Persib Bandung Nasibnya Diujung Tanduk, Kontrak Habis dan Belum Ada Keterangan Perpanjangan

Selain berfungsi sebagai ornamen penghias taman atau rumah, janda bolong juga memiliki manfaat memperbaiki kualitas udara di rumah dan yang pastinya, tanaman hias ini juga bisa memanjakan mata.

Janda bolong ini merupakan jenis tanaman hias yang mudah tumbuh di berbagai media baik media air maupun media tanah. 

Janda bolong sendiri memiliki nama asli (Monstera adansonii) merupakan tanaman yang memiliki keunikan berupa bentuk daunnya yang lebar dan berlubang.

Tanaman hias janda bolong cocok diletakan di dalam rumah, di luar ruangan, tapi apakah tanaman janda bolong bisa hidup di air juga?

BACA JUGA:Cek Apa Ada Tikus di Kendaraan, Ini 4 Tanda Ada Tikus di Dalam Kap Mobil, Bisa Akibatkan Korsleting

Menanam janda bolong dengan media air disebut juga dengan cara hidroponik. Dalam cara hidroponik, tanaman yang ditanam tanpa menggunakan tanah.

Media yang digunakan berupa wadah bening dari kaca maupun keramik dengan bagian wadah harus memiliki ukuran lebih lebar dibanding leher.

Tanaman janda bolong yang ditanam menggunakan media air, daunnya akan lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan media tanah. 

Menanam tanaman janda bolong dengan media air, sangat cocok untuk disimpan di dalam ruangan sebagai dekorasi rumah. Selain itu, mengingat manfaat janda bolong baik untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: