Profil Jordi Amat, Jebolan Akademi Espanyol, Tak Bisa Main saat Laga Penentuan Timnas Indonesia

Profil Jordi Amat, Jebolan Akademi Espanyol, Tak Bisa Main saat Laga Penentuan Timnas Indonesia

Jordi Amat -Radarkuningan.com-Pranala.co - tangkapan layar

BACA JUGA:Ernando Ari Blunder Saat Laga Indonesia VS Irak, Shin Tae Yong Tak akan Ajak Bicara 3 Hari

Premier League Jadi Mimpi Buruk

Bersama Rayo Vallecano, Jordi Amat menjadi penampil utama sepanjang musim 2012/2013. Ia menyelesaikan kompetisi dengan 27 penampilan dan satu gol. Hal itu cukup meyakinkan klub Liga Primer Inggris, Swansea City untuk membawanya.

Namun, bermain di negeri impian pesepak bola tersebut, justru membuat kariernya tersendat. Ia hanya menjadi pelapis dari sang kapten Ashley Williams yang tampil sangat solid bersama kompatriotnya asal Spanyol, Chico Flores.

BACA JUGA:Profil Daisuke Sakai, Eks Timnas Jepang yang Dikabarkan Tengah Jadi Incaran Persib Bandung

Pada awal musim selanjutnya, Jordi Amat memang membuat gebrakan dengan menjadi pilihan utama. Namun, gangguan ligamen dan fraktur tulang metarsal membuatnya lebih banyak berada di ruang perawatan.

Setelah berjuang cukup lama, akhirnya Jordi Amat mulai kembali mendapatkan tempat utama pada musim 2016/2017. Namun, ia memutuskan kembali ke Spanyol dengan status pinjaman untuk mendapatkan kembali sentuhan terbaiknya.

BACA JUGA:Langkah Shin Tae-yong Soal Blunder Ernando Ari Saat Timnas Indonesia Dihajar Irak 2 Gol tanpa Balas

Belgia, Malaysia, Hingga Indonesia

Klub kasta tertinggi Belgia, KAS Eupen, bersedia menyelamatkan kariernya yang berbalik 180 derajat dalam kurun waktu dua musim terakhir.

Setelah hadir dengan status pinjaman, ia akhirnya resmi ditransfer pada awal musim 2020/2021.

Bersama KAS Eupen, ia bermain dalam 86 penampilan di kompetisi resmi dengan catatan dua gol dan dua assist. Bersama klub ini pula, Jordi Amat pertama kali menyampaikan keinginan membela Indonesia selaku tanah kelahiran leluhurnya.

BACA JUGA:Shin Tae Yong Bela Jordi Amat yang Kena Kartu Merah Saat Timnas Indonesia Ditekuk Irak

Untuk beradaptasi dengan atmosfer sepak bola Asia Tenggara, ia lantas mengambil langkah yang terbilang ekstrem. Jordi Amat memutuskan hijrah ke klub kaya raya Malaysia, Johor Darul Ta'zim pada pertengahan Juli 2022.

Walaupun tidak ikut dilibatkan di kompetisi Malaysia Super League, ia masih mendapatkan kesempatan bermain dalam empat laga resmi JDT. Itu termasuk satu laga di Liga Champions Asia saat mereka dibekap 5-0 oleh wakil Jepang, Urawa Red Diamonds.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarkuningan.com