FIX GAK MAIN? FIFA Tolak Maarten Paes Pindah Federasi, Harusnya Ini yang Diurus Dulu Bukan CAS!

FIX GAK MAIN? FIFA Tolak Maarten Paes Pindah Federasi, Harusnya Ini yang Diurus Dulu Bukan CAS!

FIX GAK MAIN? FIFA Tolak Maarten Paes Pindah Federasi, Harusnya Ini yang Diurus Dulu Bukan CAS!-photo by mediaguna-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Selama ini, ternyata Kasus Arbitrase Maarten Paes masih belum masuk ke dalam CAS! Masalahnya ada di FIFA? Terancam tidak berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026?

Federation Internationale de Football Association (FIFA), tampaknya menjadi penyebab utama mengapa Maarten Vincent Paes tidak bisa bermain dengan Timnas Indonesia.

Karena dikabarkan, FIFA menolak proses perpindahan federasi Paes dari Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB) ke Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). 

Dimana penolakan tersebut bisa dilandasi oleh poin Statuta 2022 Pasal 9 Ayat 2B bagian iii, yang disampaikan oleh Exco PSSI Arya Mahendra Sinulingga

BACA JUGA:Ada di Grup yang Sama, PSSI Siapkan Strategi Pembalasan Dendam ke Australia, Pemain Naturalisasi Jadi Solusi

Di dalam poin tersebut, disampaikan bahwa pemain sepak bola hanya dapat pindah federasi bila belum pernah membela timnas U-21 ketika usianya di atas 21 tahun.

Sedangkan Paes, pernah membela timnas Belanda U-21 ketika usianya berada di usia 22 tahun, pada 10 November 2020 silam.

Untuk itu, meskipun Maarten Paes sudah menjadi WNI, namun hingga saat ini ia masih belum sah untuk bisa berlaga dan bergabung dengan Timnas Indonesia.

Dengan informasi ini, Exco PSSI Arya Sinulingga meminta masyarakat untuk tetap mempercayakan prosesnya kepada PSSI yang sedang memperjuangkan penjaga gawang satu ini.

BACA JUGA:Naturalisasi Nedim Bajrami ke Albania, Bisa Dijadikan Contoh Untuk Kasus Maarten Paes, Ucap Mantan Exco PSSI

Progress PSSI Sekarang

Sekarang, PSSI sudah mengirimkan tim legal-nya ke FIFA untuk mengajukan konsultasi dan banding akan poin statuta FIFA 2022 tadi.

Dikutip dari CNN pada Rabu, 10 Juli 2024 kemarin, Arya Sinulingga juga mengatakan bahwa mereka masih terus berusaha untuk memproses ini ke FIFA.

"Kami lagi berusaha terus nih. Soal CAS pasti kami ada proses. Di FIFA (juga)ada proses," ucap Arya Sinulingga yang dikutip dari CNN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: