Kronologi Naturalisasi Maarten Paes yang Sampai Sekarang Masih Tertunda di CAS, Kualifikasi Piala Dunia?

Kronologi Naturalisasi Maarten Paes yang Sampai Sekarang Masih Tertunda di CAS, Kualifikasi Piala Dunia?

Maarten Paes belum ada kejelasan di CAS.-Instagram @maartenpaes-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Penjaga gawang naturalisasi yang bernama Maarten Paes sampai sekarang masih kesulitan untuk tembus dan main di skuad Garuda lantaran terganjal masalah hukum.

Masalah yang dialami kiper FC Dallas ini erat kaitannya dengan aturan yang tercantum dari federasi sepakbola dunia, jadi kasus dirinya mengharuskan untuk ditempuh via CAS

Mengapa harus ditempuh via pengadilan arbitrase?

Lantaran masalah pemain berpostur 192cm ini menyangkut hukum karena dianggap melanggar aturan.

BACA JUGA:Adakah Maarten Paes dalam List of Hearings CAS? Ini Dia Update Jadwal Sidang Bulan September Mendatang

Aturannya berasal dari pasal FIFA, yang mewajibkan pemain untuk pindah federasi sebelum 22 tahun.

Sayangnya Paes terlambat pindah hingga berujung ia sulit bermain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kronologi masalah perpindahan federasi Maarten Vincent Paes ini cukup kompleks, faktor utama dirinya terlambat pindah federasi adalah karena situasi saat itu yang sedang dilanda pandemi.

Sebagai pemain yang lahir di Belanda, Paes sudah menunaikan tugasnya sebagai pemain untuk kelompok umur yaitu Belanda U21 pada musim 2020 tepatnya saat ajang Kualifikasi Euro U21.

BACA JUGA:5 HP iPhone Yang Masih Layak Pakai di 2024 Lengkap Beserta Harganya

Disaat pertandingan Kualifikasi Piala Eropa, usia Paes sudah 22 tahun dengan statusnya masih menjadi pemain kelompok umur U21, gara-gara Corona pertandingan dirinya jadi tertunda. 

Keterlambatan ini akhirnya berujung pada sulitnya status kiper FC Dallas ini sebagai WNI, sekalipun proses naturalisasi dirinya sudah rampung, namun tetap harus diselesaikan dulu via CAS. 

Mungkin jika tidak ada Covid-19 dan pertandingan U21 yang tertunda, Maarten Paes bisa mengajukan perpindahan federasi, karena sebelumnya tugas ia sudah tuntas untuk membela kelompok umur. 

Tapi nasi sudah jadi bubur, kini kiper kelahiran tahun 1998 ini harus rela status kewarganegaraan nya masih terombang-ambing dan belum pasti untuk main bersama skuad Garuda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: