Bung Ropan Meluruskan Kabar Maarten Paes yang Diungkap oleh Sekjen PSSI, Ternyata Bukan Sidang CAS tapi...

Bung Ropan Meluruskan Kabar Maarten Paes yang Diungkap oleh Sekjen PSSI, Ternyata Bukan Sidang CAS tapi...

Bung Ropan dalam kanal YouTube miliknya. -Channel YouTube Bung Ropan-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Analis sepakbola tanah air Ronny Pangemanan via kanal YouTube miliknya, meluruskan kabar Maarten Paes yang diungkap oleh Sekjen PSSI Yunus Nusi, terkait kabar sidang.

Ternyata kabar sidang yang disampaikan oleh Pak Yunus rupanya bukan sidang dari Court of Arbitration for Sport, melainkan dari Federation Internationale de Football Association. 

"Jadwal sidang yang diumumkan pak Sekjen bukan dari CAS, melainkan FIFA, memang dimulai pada 15 Agustus dan hasil pengumumannya pada 18 Agustus" ujar Bung Ropan sapaan akrabnya.

Memang yang dikatakan oleh Ronny ada benarnya, terlebih lagi jika mengacu pada jadwal sidang di pengadilan arbitrase periode Juli sampai Oktober, nama kiper FC Dallas ini tidak terdaftar. 

BACA JUGA:Negara Rival Protes Timnas Turunkan U-23 untuk Berlaga di Piala AFF 2024, Netizen: 'Protes Mulu'

"Memang sampai sekarang kita masih mengurus masalah (Maarten Paes) di FIFA, belum sampai ke CAS" kata Ronny Pangemanan. 

Masalah kiper kelahiran Nijmegen ini memang ada urusan hukum didalamnya, terutama terkait regulasi pemain, dan Paes dianggap melanggar dari salah satu aturan tersebut. 

Aturan itu bersumber dari Statuta Federasi Sepakbola Internasional pasal 9 ayat 2b butir III, yang didalam aturan itu mengatur tentang regulasi pemain, termasuk perpindahan federasi.

FIFA menolak perpindahan federasi kiper 192cm ini, dengan dalih dari KNVB belum ada penjelasan yang konkret atas keterlambatan Paes dalam berpindah sewaktu usai membela Belanda U21.

BACA JUGA:Persiapan Persib Bandung Menghadapi PSBS Biak di Liga 1 2024/2025, David da Silva: 'Harus Fokus!'

Status naturalisasi pria 26 tahun ini terhalang karena belum disetujui oleh Federasi Sepakbola Internasional, makanya ia belum bisa memperkuat Timnas Indonesia walau sudah jadi WNI.

Tapi, usaha PSSI tak berhenti sampai disitu saja, melainkan terus gencar berjuang untuk menyelesaikan masalah Maarten Paes dengan menyiapkan langkah-langkah khusus.

Ternyata pihak federasi sepakbola Indonesia sudah menyiapkan tim lawyer khusus untuk menangani masalah kiper FC Dallas ini di federasi sepakbola internasional. 

Mungkin kehadiran tim khusus yang sudah disiapkan oleh Erick Thohir ini bisa membuahkan hasil, sebab akhirnya tanggal sidang dan pengumuman soal Paes akhirnya sudah terungkap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: