Raih Dana Hibah, FKIP Uniku Bangun Laboratorium Pendidikan Perdana di Ciayumajakuning

Raih Dana Hibah, FKIP Uniku Bangun Laboratorium Pendidikan Perdana di Ciayumajakuning

FKIP Universitas Kuningan (Uniku) mendapatkan dana hibah untuk laboratorium pendidikan.-Andre Mahardika-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) mendapatkan hibah bantuan pendanaan revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) tahun 2024.

Dana hibah didapatkan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristekdikti).

Program tersebut bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan kapasitas LPTK dalam menghasilkan tenaga pendidik profesional yang berkualitas.

Sehingga, FKIP Uniku diharapkan dapat lebih optimal dalam menyelenggarakan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang berdaya saing tinggi.

BACA JUGA:Cegah Kebakaran Hutan Gunung Ciremai, Bikin Sekat Bakar di Blok Lambosir - Karangdinding

Rektor Uniku, Prof Dr H Dikdik Harjadi SE MSi melalui Dekan FKIP Uniku, Asep Jejen Jaelani MPd mengungkapkan, dari sejumlah poin yang diajukan, didapat satu program yang belum ada di Ciayumajakuning.

"Bukan seluruhnya uang, tapi ke alat. Menariknya, alat itu di prioritaskan membangun Laboratorium Smart Microteaching, melengkapi barang dan perangkatnya," kata Asep, kepada radarkuningan.com, Selasa, 6 Agustus 2024.

Dekan FKIP menyebut, laboratorium dimaksud disiapkan untuk menjadikan calon lulusan lebih profesional.

Kemudian, dua fokus utama dari program ini berupa penambahan bidang studi baru pada Prodi PPG FKIP Uniku, termasuk matematika, agribisnis perikanan air tawar, pemasaran, akuntansi, dan informatika.

BACA JUGA:Tempat Camping Semurah Ini? Simak 2 Rekomendasi Tempat Camping Kuningan Ini Untuk Mengisi Waktu Liburmu!

"Saya ingin FKIP Uniku menjadi salah satu fakultas keguruan yang melek teknologi dan digitalisasi," tambahnya.

Asep menjelaskan, sejumlah tahapan prosedural dilalui akademik dari pengajuan proposal sampai verifikasi kelayakan.

"111 proposal yg diajukan ke Kemendikbud ristek Dikti. diseleksi, hanya 70 PTS se-Indonesia. Kita verifikasi kelayakan tgl 25 Juli 2023, mempertahankan ajuan dengan verifikator," jelasnya.

Dikatakannya, FKIP Uniku mengusulkan lima program dalam kegiatan Revitalisasi LPTK Tahun 2024, yaitu penambahan jumlah bidang studi PPG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: