Menelusuri Monyet Ekor Panjang di Gunung Ciremai, 45 Persen Anak-anak, Lebih Banyak Betina

Menelusuri Monyet Ekor Panjang di Gunung Ciremai, 45 Persen Anak-anak, Lebih Banyak Betina

Monyet ekor panjang merupakan salah satu satwa dilindungi di Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan.-TNGC-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Menarik menelusuri habitat monyet ekor panjang di kawasan hutan Gunung Ciremai, terutama yang berada di sisi Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Ternyata di kawasan tersebut, monyet jenis ini lebih banyak dimoniasi usia anak-anak. Jumlahnya mencapai sekitar 45 persen.

Jika dibedakan dari jenis kelamin, monyet betina jumlahnya lebih banyak dari pada yang jantan. Perbandingannya 1,35 perempuan berbanding deng  1 ekor laki-laki.

Data tersebut terungkap dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Kuningan (Uniku). Penelitian tersebut diberi judul “Struktur Popolasi Monyet Ekor Panjang (Macaca Fascicularis) di Habitat Terisolasi Taman Nasional Gunung Ciremai”.

BACA JUGA:Kuningan Butuh Perubahan, Bawa PKB Finish Dua Besar Pileg Daerah, Pengamat: Ujang Kosasih Cocok Jadi Bupati

Penelitinya adalah Musthafa Fajrin, Toto Supartono dan Yayan Hendrayana. Hasil penelitian tersebut juga sudah dipublikasikan di Wanaraksa. Yang merupakan Jurnal Kehutanan dan Lingkungan Uniku.

Penelitian tersebut dilakukan di Blok Cibeureum, Kabupaten Kuningan. Tempat ini merupakan salah satu habitat terisolir di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Luasnya mencapai 10,42 hektare.

Sementara metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah metode penghitungan konsentrasi habitat monyet ekor panjang di Blok Cibeureum.

Dari hasil observasi lapangan diketahui jumlah primata ini ditemukan sebanyak 3 kelompok. Dengan  dengan jumlah populasi 197 individu. Rata-rata individu per kelompok sebanyak 65,67.

BACA JUGA:Berikut 7 Cara Merawat Tanaman Kuping Gajah agar Subur dan Cantik di Dalam Ruangan

Nilai kepadatan kelompok kera ekor panjang di Blok Cibeureum sebesar 0,29 kelompok per hektar. Sedangkan nilai kepadatan populasi sebesar 18,9 individu per hektare.

Hasil analisis yang diperoleh adalah monyet ekor panjang di Blok Cibeureum TNGC terdiri dari struktur umur yaitu 7 persen bayi, 45 persen anak-anak, 27 persen remaja dan 21 persen dewasa.

Dari jumlah masing-masing kelas umur monyet ekor panjang ada 14 bayi. Kemudian anak-anak sebanyak 89 ekor. Remaja sebanyak 53 ekor, dan dewasa sebanyak 41 ekor.

Seperti disebutkan di atas, untuk perbandingan antara jantan dan betina diketahui dari nilai sex ratio secara keseluruhan yaitu 1 : 1,35. Artinya monyet ekor panjang berjenis kelamin betina lebih banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: