Pemkab Kuningan Segera Bayar TPP ASN, Guruh Iriawan: Pembayaran pada Minggu Kedua dan Ketiga Bulan September

Pemkab Kuningan Segera Bayar TPP ASN, Guruh Iriawan: Pembayaran pada Minggu Kedua dan Ketiga Bulan September

Plh Kepala BPKAD Kabupaten Kuningan, Guruh Iriawan Zulkarnaen.--

“Ya memang betul kami (BPKAD, red) sudah mendapat perintah dari Pak Pj Bupati dan Pak Pj Sekda untuk secepat mungkin melakukan pembayaran TPP PNS. Dan kami menyanggupinya karena memang PAD sudah masuk. Tapi kami minta maaf karena pembayarannya tidak sekaligus melainkan bertahap. Untuk TPP bulan Juni akan dilakukan pembayaran pada pekan kedua September dan TPP bulan Juli pada minggu ketiga,” jelas Guruh yang juga menjabat Kepala Bappenda Kabupaten Kuningan kepada Radar Kuningan, Rabu 4 September 2024.

Guruh juga mengatakan, bahwa untuk TPP bulan Agustus dan September direncanakan pembayarannya pada bulan Oktober mendatang.

Sama seperti TPP bulan Juni dan Juli, pembayaran TPP Agustus dan September kemungkinan juga dilakukan secara bertahap. Ini disebabkan dengan kondisi keuangan pemerintah daerah.

“Yang perlu diketahui dan dipahami oleh seluruh PNS, bahwa untuk membayar tambahan penghasilan pegawai, pemerintah daerah sangat bergantung kepada pemasukan dari PAD. Karena anggaran untuk TPP bukan dari bantuan keuangan pemerintah pusat, melainkan murni dari pendapatan PAD. Jika pendapatan dari PAD belum terkumpul, itu akan menyebabkan pembayaran TPP juga mengalami kendala,” papar Guruh.

BACA JUGA:Pengamat: STY Terapkan Formasi Menyerang! Prediksi Timnas Indonesia vs Arab Saudi

BACA JUGA:Pembangunan Infrastruktur Dasar Batch I IKN Selesai Tahun Ini, Kementerian PUPR Tuntaskan Tahap II Tahun Depan

BACA JUGA:FIFA Berikan Pujian Setinggi Langit untuk STY Jelang Timnas Indonesia vs Arab Saudi, Begini Katanya

BACA JUGA:STY Ingin Timnas Indonesia Tampil Apik Seperti Korea Selatan, Ini Strateginya

Dia menambahkan, penerima TPP ini adalah PNS dan juga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang jumlahnya cukup banyak.

Dalam satu bulan, pemerintah daerah harus menyiapkan anggaran Rp10,250 miliar untuk membayar TPP ASN. Anggaran untuk pembayaran TPP ASN cukup besar setiap bulannya yakni sekitar Rp10,250 miliar.

“Namun angka ini bisa naik juga bisa turun tergantung dari hasil penilaian kinera ASN. TPP itu beda dengan gaji. Kalau gaji ASN berasal dari bantuan keuangan pemerintah pusar, sedangkan TPP murni dari Pendapatan Asli Daerah,” ujar Guruh. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: