STY Sempat Pertimbangkan Mundur dari Timnas Indonesia, Bertahan Berkat Nasehat dari Sosok Penting Ini

STY Sempat Pertimbangkan Mundur dari Timnas Indonesia, Bertahan Berkat Nasehat dari Sosok Penting Ini

Pemain lokal Timnas Indonesia sering gonta-ganti. Pelatih Shin Tae-yong beri penjelasan.-Tangkapan Layar Video-Youtube

RADARKUNINGAN - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), dikabarkan sempat kepikiran untuk mundur sebagai juru taktik skuad Garuda. 

Pelatih asal Korea Selatan itu, ternyata pernah berpikir untuk meninggalkan posisinya sebagai pelatih Timnas Indonesia meski sudah berhasil membawa perubahan terhadap persepakbolaan tanah air..

Keputusan untuk memperpanjang kontraknya sebenarnya tidak mudah, dan ada momen di mana ia mempertimbangkan untuk mengundurkan diri sebelum akhirnya memilih bertahan.

Sejak mengambil alih Timnas Indonesia pada akhir 2019, Shin Tae-yong telah mengubah wajah sepakbola Indonesia. Di bawah arahannya, Tim Merah Putih berhasil mencuri perhatian di kancah Asia dan dunia.

BACA JUGA:Maarten Paes dapat Julukan dari FIFA Setelah Gagalkan Penalti Arab Saudi, Begini Katanya

Salah satu pencapaian terbesar adalah keberhasilan skuad Garuda melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Selain itu, Shin Tae-yong juga berhasil membawa Timnas Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Prestasi lain yang patut diacungi jempol adalah pencapaian Garuda Muda yang berhasil melaju hingga semifinal Piala Asia U23 pada tahun 2024.

Meski begitu, di tengah semua kesuksesan ini, Shin Tae-yong sempat merasa ragu dan berpikir untuk mengakhiri masa baktinya sebagai pelatih Timnas Indonesia.

BACA JUGA:Tiba di Indonesia, Pelatih STY Terima 3 Kabar Baik Jelang Menghadapi Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Namun, di saat-saat sulit itulah nasihat dari seorang teman yang bekerja di kedutaan besar Korea Selatan di Indonesia, Kim Cheol-ho, menjadi titik balik bagi Shin Tae-yong.

Dalam sebuah wawancara di channel YouTube Yoon Cheon-jae, Shin Tae-yong mengungkapkan bagaimana Kim Cheol-ho memberikan nasehat penting yang membuatnya berpikir ulang tentang keputusannya.

"Pelatih Shin, jika Anda kembali ke Korea sekarang, padahal Anda pernah berhasil mengalahkan Jerman dan sangat disukai oleh komunitas Korea kita, itu akan sangat disayangkan," ujar Shin Tae-yong, mengulang kata-kata Kim Cheol-ho.

Nasihat tersebut membuka mata Shin Tae-yong. Ia mulai menyadari bahwa keputusannya untuk mundur tidak hanya akan mengecewakan komunitas Korea di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: