Demi Jaga Keamanan Lingkungan, 320 Personil Polres Kuningan Diterjunkan jadi Polisi RW

Demi Jaga Keamanan Lingkungan, 320 Personil Polres Kuningan Diterjunkan jadi Polisi RW

Terobosan baru diluncurkan Polres Kuningan Polda Jawa Barat demi memberikan rasa aman dan tentram kepada masyarakat. (Muhammad Taufik)--

KUNINGAN, RADARKUNUNGAN.COM- Terobosan baru diluncurkan Polda Jawa Barat demi memberikan rasa aman dan  tentram kepada masyarakat.

Sebanyak 320 personil Polres Kuningan dikukuhkan menjadi Polisi RW yang akan bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di 2.050 lingkungan Rukun Warga (RW) yang ada di Kabupaten Kuningan.

 
 
Pengerahan ratusan personil anggota Korps Bhayangkara tersebut ditampilkan dalam Apel Launching Program Polisi RW di Mapolres Kuningan, Senin 15 Mei 2023.
 
Launching Polisi RW yang diselenggarakan terpusat secara virtual se-Polda Jabar tersebut dihadiri Wakil Bupati M Ridho Suganda, Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian, Dandim 0615, Kajari dan sejumlah tamu undangan.

Dalam paparannya, Kapolres menerangkan, setiap anggota Polisi RW akan bertugas menjaga sedikitnya tujuh lingkungan Rukun Warga atau RW.
 
 
 
Polisi RW, akan hadir menjadi fasilitator untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.
 
Baik itu masalah dugaan kriminalitas, gangguan lingkungan masyarakat, permasalahan antar tetangga yang bisa diselesaikan secara musyawarah mufakat antar masyarakat.

"Tugas Polisi RW ini adalah untuk membantu peran Bhabinkamtibmas yang bertugas di tingkat desa. Yakni untuk membantu mendeteksi permasalahan di masyarakat sekaligus melakukan problem solving juga," ungkap Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian kepada awak media.
 
 

Nantinya, kata Kapolres, Polisi RW akan berkoordinasi dengan para ketua RW setempat. Dengan cara ini, diharapkan kehadiran Polisi RW mampu membantu mengambil langkah preventif untuk segala potensi gangguan kamtibmas. 
 
Sehingga tidak semua permasalahan di masyarakat menjadi hal yang besar dan tidak selalu berakhir dengan tindakan hukum.

"Polisi RW akan membantu tugas-tugas Bhabinkamtibmas khususnya dalam menghadapi permasalahan kamtibmas di masyarakat," kata Kapolres, Senin 15 Mei 2023.
 
 
 
Program ini, lanjut Kapolres, merupakan salah satu upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Kuningan.

"Semoga dengan adanya Polisi RW ini, masyarakat dapat merasa lebih aman dan nyaman. Dapat membantu masyarakat mengatasi permasalahannya. Kam pun mengajak masyarakat Kabupaten Kuningan untuk turut serta dalam menjaga kamtibmas di wilayahnya masing-masing," ujar Kapolres.

Sementara Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda mengapresiasi peluncuran Polisi RW. Menurut Wabup Ridho, diluncurkannya program Polisi RW tersebut sebagai salah satu upaya dan terobosan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat Kabupaten Kuningan.
 
 
 
Pihaknya sangat mendukung program tersebut terlebih dengan melihat besarnya jumlah penduduk dan luasnya wilayah di Kabupaten Kuningan, program Polisi RW ini maka semua permasalahan bisa terdeteksi lebih awal.

"Dengan program Polisi RW ini maka keberadaan polisi sebagai pengayom dan pelayan masyarakat benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Apalagi menjelang event besar yaitu pemilu 2024, semoga dengan program ini akan tercipta pemilu yang aman dan damai," ujar Wabup Ridho. (Taufk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: