Begini Kata Abidin: Dulu Kuningan Lumbung Pangan Palawija, Sekarang Jadi Daerah Limbung Pangan

Begini Kata Abidin: Dulu Kuningan Lumbung Pangan Palawija, Sekarang Jadi Daerah Limbung Pangan

Penggiat pariwisata dan juga bacaleg DPRD Jabar dari Partai Gerindra, Abidin merasa prihatin dengan kondisi Kuningan saat ini. (Bubud Sihabudin)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM - Penggiat pariwisata di Kabupaten Kuningan, Abidin rupanya sedang gundah gulana lantaran tanah kelahirannya tak lagi jadi lumbung pangan.
 
Padahal di masa lampau, Kabupaten Kuningan dikenal sebagai lumbung pangan di Jawa Barat. Terutama tanaman palawija yang membentang sepanjang lereng Gunung Ciremai.
 
 
 
Abidin mengambil sampel pengelolaan palawija dari pedesaan sekitar utara-selatan Gunung Ciremai atau Kecamatan Darma hingga Pasawahan. Daerah tersebut menjadi lahan subur produk sayuran holtikultura.
 
Dahulu daerah tersebut adalah lumbung pangan, dan sekarang mengarah ke krisis pangan alias mulai limbung pangan.
 
"Dulu kita pemasok palawija, sekarang kita dipasok daerah lain. Dulu sayuran bisa kita pasok ke daerah lain, sekarang sebaliknya. Ada sesuatu hal yang kurang tepat. Di tingkat provinsi inilah, semua harus diperjuangkan. Baik anggaran,  kolaburasi antara eksekutif dan legislatif. Sinergis dari pusat, provinsi dan daerah," papar Abidin, Senin 15 Mei 2023.
 
 
 
Alasan ini membulatkan tekad Abidin untuk berjuang di tingkat provinsi, melalui parlemen. Untuk mewujudkan harapan itu, dirinya memilih mencalonkan untuk menjadi Anggota DPRD Jawa Barat pada Pileg 2024.
 
Partai yang dipilihnya guna mencapai gedung parlemen di Bandung yakni Partai Gerindra.
 
"Makanya saya sebagai putra daerah berkewajiban untuk membangun perekonomian Kabupaten Kuningan,. Terutama bagaimana Kabupaten Kuningan bisa kembali menjadi lumbung palawija di masa yang akan datang," sebut Abidin.
 
 
 
Sebagai bentuk dukungan terhadap partai yang mengusungnya, Abidin juga hadir ketika DPC Gerindra melakukan pendaftaran bacaleg ke KPU Kuningan hari Sabtu 13 Mei 2023. Pendaftaran bacaleg untuk DPRD Kuningan dipimpin langsung  Ketua DPC Gerindra Dede Ismail.
 
Abidin hadir berseragam kemeja putih, diantara puluhan Bacaleg. Ia menegaskan di Pemilu 2024,  siap berkontestasi di Pileg DPRD Provinsi. Tentu saja di Dapil Jabar 13.
 
"Saya sebagai putra daerah berkewajiban, untuk mengangkat derajat perekonomian, termasuk di Kabupaten Kuningan. Bukan rahasia lagi, sekarang Kuningan banyak ketertinggalan, baik di perekonomian, infrastruktur dan lain-lainnya," jelas pengelola  ODTWA Curug Landung tersebut.
 
 
 
Melalui legislatif, Abidin optimis dapat menyampaikan sejumlah gagasan. Terlebih Kabupaten Kuningan adalah daerah yang sangat kaya. Sebuah ironi jika menjadi daerah yang miskin.
 
Kabupaten dengan 32 Kecamatan ini merupakan lahan subur untuk pertanian. Padi, palawija, peternakan, perikanan, dan ketersediaan air yang sangat melimpah
 
"Potensi ini harus dikelola dengan baik. Tentu butuh dukungan anggaran pengelolaan, dan input'nya juga harus benar. Sehingga outputnya, target sasaran jelas. Menurut saya selama ini ada tata kelola keuangan yang kurang pas. Perlu penataan kedepan, Kuningan harus lebih baik dari yang sekarang," pungkas dia. (Bubud)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: