Ini Dia Komposisi Bacaleg Golkar Kuningan, Termuda 25 Tahun, Tertua 74 Tahun, Perempuan Capai 42 Persen

Ini Dia Komposisi Bacaleg Golkar Kuningan, Termuda 25 Tahun, Tertua 74 Tahun, Perempuan Capai 42 Persen

Bacaleg dan pengurus DPD Partai Golkar Kuningan memilih jalan kaki menuju kantor KPU saat mendaftar hari Jumat sore 12 Mei 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Partai Golkar Kuningan sudah mendaftarkan 50 bakal calon legislatif (bacaleg) untuk DPRD Kuningan, Jumat sore 12 Mei 2023.
 
Menariknya, komposisi bacaleg yang diusung partai berlambang pohon beringin itu cukup variatif. Baik dari usia bacaleg maupun jenis kelamin.
 
 
 
Keterwakilan perempuan di parlemen daerah memang menjadi prioritas pengurus partai pimpinan H Asep Setia Mulyana tersebut.
 
Karena itu, dari 50 bacaleg, komposisinya nyaris berimbang. Yakni 29 bacaleg laki-laki dan 21 orang bacaleg perempuan. Uniknya, H Asep Setia Mulyana memilih tidak ikut mencalonkan diri.
 
Ketua DPD Partai Golkar Kuningan, Asep Setia Mulyana menyatakan, jumlah bacaleg yang didaftarkan partainya sesuai kuota yakni 50 orang.
 
 
 
Bacaleg laki-lakk sebanyak 29 dan 21 perempuan. Banyaknya bacaleg perempuan menunjukkan bahwa Golkar menjunjung tinggi keterwakilan perempuan di parlemen daerah.
 
"Selain gender, usia para bacaleg yang kami usung juga beragam. Yang termuda 25 tahun hingga 74 tahun. Latar belakang profesi bacaleg juga bervariatif. Ada pengusaha, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, organisasi bahkan pensiunan birokrat. Semoga dengan kader-kader terbaik partai, kami bisa meraih minimal dua kali lipat dari suara Partai Golkar tahun lalu,” papar Asep.
 
 
 
Asep sendiri mengaku tidak ikut mencalonkan diri baik untuk DPRD Kuningan, DPRD Provinsi maupun DPR RI. Asep memegang kuat komitmen yang dibangunnya yaitu ingin memperjuangkan para bacaleg, agar meraih capaian terbaiknya.
 
“Sekali lagi, saya tidak ikut mendaftar bacaleg. Para bacaleg untuk sementara belum ditentukan nomor urut sehingga baru berdasarkan nama sesuai alfabet," sebut Asep.
 
 
 
Dia juga memperkenalkan sejumlah tokoh yang memiliki jabatan di organisasi kemasyarakatan. Beberapa di antaranya yakni Ketua MPC PP Kuningan, Ketua Apdesi Kuningan, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kuningan hingga mantan birokrat.
 
“Semoga target kita tercapai, kita ingin 10 kursi. Maka di Dapil I Kuningan, saya berkeinginan agar meraih 3 kursi, termasuk Dapil V Kuningan semoga kursi bisa naik,” cetus putra tokoh Golkar Kuningan, Almarhum H Enuy Masnui tersebut.
 
Ase menambahkan, seluruh incumbent maju kembali di dapil masing-masing. Ada juga sebagian bacaleg merupakan pindahan dari partai lain,  dan meraih suara cukup tinggi saat Pileg 2019 lalu.
 
 
 
Sekretaris DPD Partai Golkar Kuningan, Rukdi W Santana mengungkapkan, perjuangan bersama-sama kader internal partai menjadi salah satu wujud untuk membesarkan Golkar. Hal ini menjadi salah satu cara demi mendongkrak suara partai, sehingga harus kompak dan solid.
 
“Saya adalah mantan birokrat, saya terpanggil ikut di Golkar dan maju sebagai bacaleg. Semoga bersama-sama dengan rekan lain, kita berjuang dan berharap target partai bisa tercapai,” ungkap mantan Sekretaris Dinas DPKPP tersebut.
 
 
 
Saat daftar ke Kantor KPU Kuningan, hari Jumat 12 Mei 2023, pimpinan partai juga memilih cara tak biasa. Mereka berjalan kaki dari sekretariat DPD Partai Golkar yang ada di Jl RE Martadinata, Cijoho ke kantor KPU.
 
Dengan wajah penuh keceriaan, rombongan bacaleg dan pengurus partai menyusuri jalan sambil menyapa masyarakat yang dilintasi rombongan. Selama perjalanan, rombongan mendapat pengawalan dari Pemuda Pancasila. (Agus)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: