Spesialis Kelinci Hias, Jenis Fujilove Terjual Seharga Rp2,5 Juta

Spesialis Kelinci Hias, Jenis Fujilove Terjual Seharga Rp2,5 Juta

Dorongan Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi untuk mendukung pengembangan budidaya kelinci memang layak diacungi jempol. Pasalnya, satu ekor kelinci hias harganya bisa dibanderol jutaan rupiah.

AGUS PANTHER, Kuningan

MEMANG perlu kesabaran dan ketelatenan saat merawat kelinci hias. Selain pakan yang harus diperhatikan, kandang kelinci juga harus rutin untuk dibersihkan.

Hal itu dapat dilihat dari aktivitas yang dilakukan kelompok peternak kelinci Farm Jaya Rabbit Desa Bojong Kecamatan Cilimus Kuningan. Bahkan usaha ternak kelinci ini sudah dirintis sejak tahun 2017 lalu.

Pembina Farm Jaya Rabbit Kurniawan menuturkan, hampir secara keseluruhan kelinci yang dikembangbiakan adalah jenis kelinci hias. Beberapa kelinci hias itu adalah netherland dwarf, flemis, giant, lion head, fujilove dan beberapa jenis lain.

“Awalnya kita beternak pada 2017, hanya berdua saja dengan adik saya dari jenis kelinci lokal. Dulu hanya ada 10 ekor kelinci, yakni satu jantan dan selebihnya betina,” sebutnya.

Setelah itu, lanjutnya, beberapa pemuda di Desa Bojong diajak untuk menjalani ternak kelinci. Kemudian mulai ada beberapa pemuda yang ikut menjadi peternak kelinci.

“Akhirnya enam bulan lalu kita membentuk kelompok Farm Jaya Rabbit, anggotanya sekarang ada 14 orang dari Desa Bojong. Sehingga kita bisa bersama-sama dengan pemuda disini agar memiliki penghasilan dari usaha ini,” ungkapnya.

Dia memaparkan, jika seekor indukan kelinci dapat menghasilkan anakan dalam jangka waktu 30 hari rata-rata lima ekor. Hanya saja, anakan kelinci yang bisa dijual memerlukan waktu hingga 75 hari.

“Jadi kita bisa memanen itu 75 hari sekali, karena 30 hari indukan kelinci mengandung dan melahirkan, lalu 45 hari proses menyusui anakan. Nah dalam satu tahun, indukan bisa melahirkan 4 kali, dalam sekali melahirkan rata-rata 5 ekor,” katanya.

Dia menyebut, harga satu ekor anakan kelinci jenis fujilove berusia 45-55 hari dijual seharga Rp140 ribu. Berbeda jika dijual satu pasang yakni mencapai Rp250 ribu.

“Karena itu semakin dewasa usia kelinci hias, maka harganya makin mahal. Alhamdulillah kemarin kita sempat jual jenis fujilove usia 5 bulan harganya Rp2,5 juta,” ungkapnya.

Pihaknya mengaku, kelinci hias yang dimiliki kerap diikutsertakan dalam sebuah kontes. Misalnya pada Desember 2020 kemarin, kelinci hias miliknya sukses meraih juara dalam kontes kelinci hias di Semarang, Jawa Tengah.

“Tahun kemarin pada bulan Desember kita juara satu kelas fujilove di kontes Kelinci Gayeng Semarang. Semoga nanti pada bulan April kita berencana mengadakan kontes di Kuningan, mudah-mudahan bisa dilaksanakan,” pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: