Nama Cirebon Terbawa Dalam Kemenangan Timnas Indonesia di Piala AFF U-16 2022

Nama Cirebon Terbawa Dalam Kemenangan Timnas Indonesia di Piala AFF U-16 2022

SLEMAN, RADAR KUNINGAN - Nama Cirebon terbawa dalam euforia kemenangan Timnas Indonesia di Piala AFF U-16 2022, Jumat 12 Agustus 2022.

Kemenangan Indonesia atas Vietnam di partai Final Piala AFF U-16, berkat permainan spartan yang ditunjukan pasukan Bima Sakti itu.

Dari deretan pemain yang diturunkan di partai final, terdapat 2 nama yang memiliki ikatan dengan Cirebon. 

Dua pemain Timnas Indonesia U-16 itu adalah, Muhammad Kafiatur Rizky dan Rizdjar Nurviat Subagja yang merupakan jebolan Akademi Bina Sentra Cirebon.

Muhammad Kafiatur Rizky berhasil membobol gawang Vietnam yang berkolaborasi dengan Rizdjar Nurviat Subagja di babak pertama Final Piala AFF U-16.

BACA JUGA:Gandeng Azrul Ananda, Tour de Linggarjati Kembali Digelar November 2022

Kafiatur Rizky menjadi pencetak gol ke gawang Vietnam, memanfaatkan umpan tarik dari Rizdjar Nurviat dari sisi kanan penyerangan Timnas U-16 Indonesia.

Kolaborasi keduanya, tentu bukan hasil sebentar untuk berlatih. Muhammad Kafiatur Rizky dan Rizdar Nurviat Subagja adalah hasil binaan Bina Sentra Cirebon bersama 18 pemain lainnya dari berbagai penjuru negeri.

Muhammad Kafiatur Rizky sendiri adalah pemain asal Tangerang, yang masuk dalam program SSB Bina Sentra bersama 18 pemain dari berbagai daerah. Semuanya disekolahkan di SMPN 4 Kota Cirebon tahun 2018. Terasuk Ridho Al Iksan.

Kerjasama pembinaan tersebut adalah MoU antara SSB Bina Sentra, Kemenpora dan SMPN 4 Kota Cirebon yang kini mulai menampakan hasil dengan menjadi juara di Piala AFF U-16.

Menurut Deny Rochman yang sempat menjadi guru di SMPN 4 Kota Cirebon, tahun 2018 para pemain ini bersekolah di SMPN 4 Kota Cirebon.

BACA JUGA:Surat Protes PSSI akhirnya Direspon AFF, Berikut Bunyinya

"Ketiga pemain inti timnas ini sama-sama menghabiskan pendidikan SMP-nya di sekolah yang sama. Pada tahun 2018, ketiganya masuk ke SMP Negeri 4 Kota Cirebon," tutur Deny Rochman, yang kini menjadi Lurah Kasepuhan.

Mereka bersama 18 pemain lainnya binaan Bina Sentra di bawah asuhan Subagja Suihan. Mereka menempuh pendidikan di SMPN 4 Kota Cirebon atas rekomendasi Kemenpora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Cirebon