Ingin Lihat Sinden Beraksi, Yuk Tonton di Acara Rampes

Ingin Lihat Sinden Beraksi, Yuk Tonton di Acara Rampes

Kepala Disporapar sedang membeberkan acara Rampes yang akan berlangsung tanggal 9 September 2022 di OSG. (agus sugiarto)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Ngamumule budaya sunda. Itulah tagline yang diusung Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kuningan. Dinas yang dipimpin Toto Toharudin itu bakal menyelenggaran even bertitel Rampes di Open Space Gallery (OSG) Linggarjati, Kecamatan Cilimus pada tanggal 9 September 2022. 

BACA JUGA:Tarif Angkot Jangan Naik Seribu, Tapi Dua Ribu

Acara ini dipastikan bakal heboh lantaran panitia sudah menyiapkan seabrek acara kesenian. Mulai tradisional sampai modern. Seperti pentas kolaborasi angklung dan angklung kreatif, rampak calung, rampak marawis, pamer sinden Kuningan, tari cingcowong, kolaborasi musik religi serta lainnya.

BACA JUGA:Lupa Padamkan Tungku, Dapur Oman Terbakar

Kepala Dispiarapar, Toto Toharudin menerangkan, acara Rampes digelar masih dalam rangkaian perayaan Hari Jadi ke 524 Kuningan. Dalam pagelaran Rampes, warga akan dipuaskan dengan aneka jenis penampilan kesenian dan budaya termasuk menyaksikan pameran kepariwisataan yang melibat pemilik dan pelaku wisata di Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:Ini Jadwal SIM Keliling Kabupaten Kuningan Hari Ini, 6 Septembet 2022

Pejabat yang dikenal penuh inovasi itu berujar, pihaknya berupaya melestarikan budaya dan kesenian sunda agar tidak tergerus oleh zaman. Seperti ditampilkannya Pamer Sinden Kuningan dan Tari Cingcowong. Di masyarakat Kuningan, Cingcowong sudah terkenal. Bahkan kesenian sintren sempat booming ketika Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengundang grup sintren dari Kecamatan Subang untuk tampil di sebuah acara di Jakarta.

BACA JUGA:Perubahan Sikap Wanita yang Melakukan Selingkuh, Kenali Lebih Teliti

Khusus untuk Pamer Sinden, kata Toto, terbilang baru. Nantinya para sinden akan berada di atas panggung menampilkan kemampuan terbaiknya. Sinden-sinden terbaik dari Kuningan sudah menyatakan kesiapannya untuk tampil membahana.

"Pak bupati sangat mengapresiasi kegiatan Rampes ini. Apalagi yang tampil adalah seniman dan budayawan lokal. Ini momen kebangkitan budaya dan kesenian Sunda. Pokoknya seni pertunjukkan ini akan benar benar beda dan menghibur penonton. Jangan lupa untuk nonton ya," tegas Toto. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: