Hujan Disertai Angin Terjang Desa Tinggar, Sejumlah Pohon Tutupi Akses Jalan

Hujan Disertai Angin Terjang Desa Tinggar, Sejumlah Pohon Tutupi Akses Jalan

Pohon Bubut di Desa Tinggar, Kecamatan Kadugede, yang tumbang setelah diterjang angin kencang hingga menutup akses jalan.-M Taufik/Radar Kuningan -

KUNINGAN, RADAR KUNINGAN.COM - Hujan deras disertai angin kencang menerjang Desa Tinggar, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, Selasa 13 September 2022 sore. 

Akibat hujan deras dan angin kencang ini, sejumlah pohon tumbang hingga beberapa di antaranya menutup akses jalan Desa Tinggar.

Angin kencang yang datang bersamaan saat hujan deras tersebut, membuat pohon setinggi 30 meter dan 15 meter tumbang menutup akses jalan di Desa Tiggar.

Besarnya dua pohon jenis pohon Bubut dan Salam itu, membuat penanganannya sulit dilakukan oleh warga setempat. 

BACA JUGA:SIM Keliling Satlantas Kuningan, Rabu 14 September 2022, Cek Jadwal dan Lokasi

Hingga akhirnya, warga pun melaporkan peristiwa dua pohon tumbang yang menutup jalan tersebut ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan untuk meminta bantuan penanganan.

Petugas BPBD Kabupaten Kuningan langsung bergerak ke lokasi kejadian pohon tumbang di Desa Tinggar untuk tindakan assessment dan penanganan darurat. 

Dibantu anggota Polsek dan Koramil Kadugede serta warga setempat, melakukan upaya pembersihan material pohon tumbang. 

Namun, besarnya pohon dan kondisi hari sudah menjelang malam, penanganan di Desa Tinggar pun dihentikan sementara.

BACA JUGA:Siap-Siap! Pengguna Listrik 450 VA Bakal Dihapus, Naik jadi 900 VA

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu mengatakan, situasi waktu yang tidak memungkinkan, penanganan tidak bisa dilanjutkan.

"Kita akan lanjutkan penanganan hari Rabu pagi dengan mengerahkan personel lebih banyak agar pembersihan material pohon tumbang ini bisa cepat," ungkap Indra Bayu.

Indra mengatakan, kejadian pohon tumbang yang menutup akses Jalan Desa Tinggar praktis membuat mobilisasi masyarakat tertutup total. 

Akses jalan menuju Desa Tinggar, kata Indra, untuk sementara tidak bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun empat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: